Menu

09 Mar 2020, 18:30 WIB

Imbas Corona, Imigrasi Sukabumi: Seorang WN Tiongkok Dapat Izin Tinggal Terpaksa

Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Sukabumi | Sumber Foto:Andri Somantri

SUKABUMIUPDATE.com - Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Sukabumi, menyatakan seorang Warga Negara (WN)  Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mendapat izin tinggal keadaan terpaksa dari Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

Humas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi Adi Heryadi mengatakan, baru ada satu Warga Negara Asing (WNA) yang mengajukan izin tinggal keadaan terpaksa dan itu disetujui Dirjen Imigrasi.

"Baru hari ini disetujui oleh pusat, Direktorat Jenderal. Karena persetujuan dari sana, imigrasi sukabumi hanya menerima permohonan saja," ujar Adi, kepada sukabumiupdate.com, Senin (9/3/2020).

BACA JUGA: Dinkes dan Imigrasi Sukabumi Bicara Corona, Bersama Cegah Covid-19

WN Tiongkok tersebut merupakan seorang Tenaga Kerja Asing (TKA) di Cianjur yang memegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). Adapun Kitas tersebut sudah habis masa berlakunya, namun WNA ini tidak bisa pulang ke negaranya. Mengingat, tidak adanya alat angkut yang membawa keluar wilayah Indonesia ke Tiongkok sejak virus Corona atau Covid -19 merebak.

"Di Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 kemudian yang sekarang diubah nomor 7 2020, memang ada namanya izin tinggal keadaan terpaksa karena mungkin tidak ada alat angkut ke negara tersebut sehingga diberikan izin tinggal dalam keadaan terpaksa," jelasnya.

 

Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Warga negara asing asal Rusia bernama Maksim Markelov (24) diduga membuat keonaran dan dianggap meresahkan masyarakat di Kawasan Pererenan, Mengwi, Badung, Bali. "Iya, jadi Tim Pengawasan Orang Asing...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekty mengatakan ada indikasi komersialisasi penggunaan alat rapid test Covid-19. “Karena bisa jadi ini hukum ekonomi bekerja,” kata Lely dalam diskusi Perspektif...

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu resep tertua dari makanan manusia berupa adonan yang terdiri dari air dan tepung. Perpaduan dua bahan itu menciptakan rupa yang tak menggugah selera sama sekali:...

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran melanda sebuah penginapan di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/7/2020) sekira pukul 17.00 WIB. Dari keterangan saksi, api pertama kali terlihat di kamar...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya