Teror ODGJ Ganas di Sukabumi, Ini Daftar Serangannya!

Rabu 12 Februari 2020, 07:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Sejumlah ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang berkeliaran di jalanan Sukabumi berpotensi melukai warga. Mulai dari memukul, melempar, hingga menyerang fisik warga yang kebetulan berada didekatnya, terbaru Rabu, (12/2/2020) ODGJ perempuan yang mengaku bernama Lady Gaga merusak mobil yang melintas di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi menggunakan batu.

Ini bukan kejadian pertama ODGJ menyerang warga Sukabumi. Keberadaan ODGJ ganas yang memiliki potensi mengamauk inipun harus segera disikapi oleh pemerintah daerah karena rawan melukai warga sekitarnya. Berikut daftar serangan ODGJ kepada warga Sukabumi yang berhasil dihimpun redaksi sukabumiupdate.com; 

Tanggal 5 Februari 2020 malam, guru honorer di Sukabumi bernama Panji Setiaji diserang ODGJ laki-laki saat melintas jalan RA Kosasih (ciaul). Dikutip dari akun facebooknya, Panji tak hanya terkena lemparan benda diduga batu dibagian tangan kiri, ia juga terjatuh dari motornya. Saat itu Panji baru pulang dari kegiatan pengajian (ralat: sebelumnya ditulis mengajar matematika).

“Nuhun teman teman ojek online (grab) sudah mengantar saya pulang karena udah nggak bisa bawa motor,” tulis Panji di akun medsosnya.

BACA JUGA: Lady Gaga Joget Lalu Ngamuk di Tengah Kota, Mobil ASN Pemkot Sukabumi Ditimpuk

Sebelumnya Senin tanggal 3 Februari 2020, mobil milik Ipan (45) warga Gunungpuyuh nyaris dilempar batu besar oleh pria diduga ODGJ saat melintas di Jalan Nyomplong Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. “Hampir saja, batu dilempar mungkin karena terlalu besar jadi nggak sampe ke mobil. Pria badannya besar, pakai baju dan celana tapi yang gitu udah kotor kayak ODGJ lainnya,” jelas Ipan kepada sukabumiupdate.com, Rabu (12/2/2020).

Selanjutnya, amukan ODGJ perempuan yang biasa mangkal di sekitar pertigaan Pasar Cikembar, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi. warga sekitar menyebut ODGJ ini serang menyerang dengan benda apapun, batu, kayu dan besi yang melintas dikawasan tersebut, dilaporkan angkutan umum pernah rusak kena lemparan batu.

BACA JUGA: ODGJ Berkeliaran di Cikembar Sukabumi, Warga: Sering Lempar Batu!

Pada Desember 2019, ODGJ yang banyak berkeliaran di sekitar kawasan wisata Pantai Ujung Genteng Kabupaten Sukabumipun dilaporkan ganas dan sering menyerang warga. Bahkan pada tanggal 8 Desember 2019 dua ODGJ bahkan terlibat aksi saling serang (perkelahian) karena berebutan nasi bungkus dari sebuah lokasi tempat sampah sementara.

Dan yang paling sadis terjadi di Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi pada tanggal 15 Agustus 2019 silam. Seorang warga harus dilarikan ke rumah sakit setelah dibacok oleh ODGJ yang masih tetangganya sendiri.

BACA JUGA: Duel Adu Jotos ODGJ di Ujung Genteng Sukabumi, Rebutan Nasi Bungkus

Untuk sejumlah kasus, ODGJ khususnya yang tidak liar seperti di Kalapangunggal sudah langsung ditangani karena pelakunya diketahui da nada keluarga yang bertanggung jawab. Namun untuk kasus ODGJ liar yang berkeliaran dijalan perlu penanganan khusus dari pemerintah daerah.

“Untuk sementara kita amankan dulu Lady Gaga ini biar tidak meresahkan masyarakat. Belum tahu ini ODGJ dari mana dan sejak kapan. Mobil yang jadi korban gara-gara ulah ODGJ ini kabarnya mobil milik ASN BPKD Pemkot Sukabumi, Pak Marno," ujar Kabid Gakda dan SDA Satpol PP Kota Sukabumi, Sudrajat saat diwawancarai.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi06 Mei 2024, 15:31 WIB

Masa Sidang Terakhir, DPRD Sukabumi Kebut Finalisasi 21 Raperda: Berikut Rinciannya

Jelang masa akhir jabatan, berikut rincian 21 Raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.
Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sukabumi beragendakan Penyampaian Penutupan Masa Sidang Kesatu Tahun Kelima Tahun Sidang 2024 dan Pembukaan Masa Sidang Kedua Tahun Kelima Tahun Sidang 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Life06 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Sendiri Tanpa Bergantung ke Orang Lain

Menciptakan kebahagiaan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain adalah hal yang patut dicoba, karena tidak semua orang bisa melakukannya.
Ilustrasi. Cara menciptakan kebahagiaan sendiri. Sumber Foto : Pexels/Sound On
Sukabumi06 Mei 2024, 15:11 WIB

Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Konsultan psikologi asal Sukabumi ikut bersuara atas kedua kasus pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Dua kasus pembunuhan berlatar belakang sodomi terjadi di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi06 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 14:38 WIB

Botram Bareng Ayep Zaki, Bangun Hubungan Erat Antar Calon Pemimpin dan Masyarakat

Bacalon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki sosialisasikan visi dan misinya lewat botram bareng masyarakat.
Bakal Calon Wali Kota Sukabumi, H. Ayep Zaki botram bareng warga, sampaikan visi dan misinya dalam memberantas kemiskinan. (Sumber : Istimewa)
Life06 Mei 2024, 14:30 WIB

Begini 7 Cara Ampuh Melerai Pertengkaran Anak, Yuk Lakukan!

Anak-anak perlu mengetahui bahwa mereka dicintai secara setara dan istimewa, terlepas dari bagaimana mereka bertindak.
Ilustrasi. Cara ampuh memisahkan pertengkaran anak. Sumber : pexels.com/@Vika Glitter
Inspirasi06 Mei 2024, 14:22 WIB

Media Lokal Harus Naik Kelas, SMS 2024 Cetak Sejarah

Kick Off program yang dipusatkan di Hotel Aryaduta Pelembang, Senin (6/5/2024), ini dibuka secara simbolis oleh Editor in Chief sekaligus CEO Suara.com Suwarjono.
Sumatera Media Summit (SMS) 2024, mempertemukan para pemilik media massa online lokal, organisasi media hingga lembaga pers Mahasiswa se-Pulau Andalas. (Sumber: SMS 2024)
Life06 Mei 2024, 14:00 WIB

Stres Bukan Hal Sepele! Kenali 4 Dampak Bahayanya yang Mengancam Kesehatan

Stres sangat berbahaya apabila dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan.
Ilustrasi - Stres sangat berbahaya apabila dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan. (Sumber : pexels.com/@emre keshavarz)
Keuangan06 Mei 2024, 13:32 WIB

Terbaru Sepatu Bata! Pabrik-pabrik Bangkrut, Tumbang Dihantam Kerugian

Setelah banyak pabrik bangkrut termasuk di Sukabumi, terbaru produsen alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk industri, menutup pabriknya yang berada di Purwakarta Jawa Barat.
Ragam produk sepatu BATA (Sumber: istimewa/akun ig BATA)
Life06 Mei 2024, 13:30 WIB

Beri Ruang Untuk Emosi Mereka, 7 Cara Mendisiplinkan Anak di Depan Umum

Mendisiplinkan anak di luar rumah bisa membuat stres. Namun kuncinya adalah tetap berpegang pada teknik disiplin yang biasa dilakukan dan tetap memperhatikan tujuan jangka panjang.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak di depan umum dengan memberikan ruang emosi. Sumber : pexels.com/@Scott Webb