Menu

21 Jan 2020, 18:30 WIB

Hutang Rp 400 ribu, Rumah Warga Bojonggenteng Sukabumi Disegel Bank Emok

Segel Koperasi Simpan Pinjam Dian Mandiri (Diman) yang terpasang di rumah warga Kampung Bojonggenteng RT 06/02, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah milik warga Kampung Bojonggenteng RT 06/02, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi disegel bank Koperasi Simpan Pinjam Dian Mandiri (Diman). Penyegelan dilakukan sejak Selasa 7 Januari 2020 oleh bank yang akrab disebut bank emok itu.

Penyegelan dilakukan karena pemilik rumah, Titin tak mampu melunasi hutangnya sebesar Rp 400 ribu. Titin meminjam uang ke bank emok ini sebesar Rp 1,5 juta.

BACA JUGA: Pemkot Sukabumi Siapkan Perwal Lawan Bank Emok, Titipkan Dana di DKM

"Sudah dibayar 11 kali. Seminggunya (setoran) Rp 105 ribu, sekarang hutangnya setikar Rp 400 ribu lagi," ujar Risma, ketua kelompok penerima pinjaman kepada sukabumiupdate.com, Selasa (21/1/2020).

Dalam praktiknya bank emok menyalurkan pinjaman kepada suatu kelompok tidak perorangan. Kelompok penerima pinjaman ini harus terdiri dari beberapa orang dan Risma adalah ketua kelompoknya. Julukan bank emok sendiri karena transaksinya dilakukan di teras-teras rumah dengan duduk lesehan dan sasarannya merupakan emak-emak.

BACA JUGA: Soal Bank Emok, Anjak: Sukabumi Bisa Adopsi Satgas Anti Rentenir Dari Kota Bandung

Sebelum dilakukan penyegelan tersebut, peminjam bernegosiasi dengan pihak bank emok untuk menurunkan setoran dari Rp 105 perminggu menjadi Rp 10 ribu. Tapi pihak bank emok menolaknya.

Ketika warga meminta buat surat penolakan permintaan menurunkan setoran perminggu namun pihak bank emok menolaknya. Warga lantas membawa persoalan penyegelan rumah oleh bank emok ini ke polisi.

"Nasabah meminta setorannya Rp 10 ribu perminggu, tapi ditolak. Ketika disuruh bikin surat tolakan tidak mau. Terpaksa warga sekitar langsung membawanya ke Polsek Bojonggenteng," terangnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kiper legendaris Spanyol, Real Madrid dan Porto Iker Casillas akan segera pensiun setelah mengumumkan bahwa dirinya mencalonkan diri sebagai presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Dilansir dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Status Facebook sebagai raja media sosial harus berakhir dan berpindah tangan pada 'anak angkatnya' sendiri, yaitu Instagram. Dikutip dari suara.com, Facebook cukup pintar meramal masa depan Instagram dengan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika banyak orang di penjuru dunia tinggal di kota dengan berdesak-desakan, sebuah kota kecil di Italia, ini justru kekurangan penduduk. Dilansir dari tempo.co, namanya Teora, sebuah kota...

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah lembaga swadaya masyarakat bidang konstitusi dan demokrasi mengusulkan pemerintah dan DPR merevisi UU Parpol, UU Pilkada, dan UU Pemilu dan membahasnya secara bersamaan. "Karena satu rangkaian penting...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya