AMIR Sukabumi Tuntut Ketegasan Pemerintah Indonesia Soal Uighur

Kamis 26 Desember 2019, 09:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Umat muslim Sukabumi melakukan aksi bela muslim Uighur, Kamis (26/12/2019). Aksi dipusatkan di depan Balai Kota Sukabumi, Jalan Syamsudin SH, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Massa yang tergabung dalam Aliansi Muslim Indonesia Raya (AMIR) ini meminta ketegasan pemerintah Indonesia soal Uighur. AMIR juga mengecam tindak kekerasan terhadap umat muslim Uighur di Xinjiang.

Dalam pernyataan sikap yang disampaikan Ketua Bang Japar Indonesia (BJI) Sukabumi Raya, kebangkitan Jawara dan Pengacara Presidium Sukabumi Raya, Budi Lesmana, menegaskan, pembantaian dan perampasan hak kebebasan menjadi warga negara yang dialami warga Uighur di Provinsi Xinjiang, merupakan pelanggaran terhadap nilai-nilai universal kemanusiaan (Declaration of Human Rights).

BACA JUGA: Muhammadiyah Minta Pemerintah Bersikap Tegas Soal Muslim Uighur

"Pelarangan dan pengekangan terhadap hak beragama yang dilakukan pemerintah RRC terhadap muslim Uighur telah melanggar hak asasi warga dunia untuk menganut agama dan melaksanakan kewajiban-kewajibannya," kata Budi dalam orasinya, Kamis (26/12/2019).

Pembantaian dan pemenjaraan warga Uighur merupakan bukti lain dari strategi pemusnahan suku (etnis cleansing) yang dilakukan oleh pemerintah RRC, sebagaimana yang dilakukan pula oleh Aung San Suu Kyi dan pemerintah Myanmar terhadap Rohingnya.

BACA JUGA: Hapus Konten soal Kamp Tahanan Uighur di China, TikTok Minta Maaf

"Pemerintah Republik Indonesia sebagaimana termaktub dalam deklarasi pembukaan UUD 1945 menganut politik bebas aktif dan berkewajiban untuk tidak membiarkan penjahatan dengan model apapun dan di belahan dunia manapun dilakukan oleh negara-negara dunia," tegasnya

Maka dari itu, kata Budi, pihaknya mendesak Presiden Republik Indonesia, DPR RI dan MUI untuk mendorong pemerintah RRC agar membuka isolasi bagi negara lain untuk bisa berkunjung ke Xinjiang dan menjelaskan kejadian yang sebenarnya terjadi terhadap warga Uighur. Selain itu, pemerintah juga harus melakukan peran diplomatik untuk menekan pemerintah RRC agar menghentikan perlakuan yang tidak manusiawi terhadap warga Uighur dengan mengutuk keras dan menarik pulang duta besar RI untuk RRC serta memulangkan Dubes RRC untuk RI.

BACA JUGA: Etnis Muslim Uighur Sumbang Dana buat Korban Bencana di Indonesia

"Membawa permasalahan di Xinjiang dan pembantaian warga Uighur ke Mahkamah Internasional, sebagaimana yang dilakukan Pemerintah Gambia terhadap Aung San Suu Kyi terkait perlakuannya terhadap warga Rohingya. Dan tentunya juga mendorong MUI beserta ormas islam untuk bersatu menyuarakan kepedulian sebagai saudara muslim terhadap muslim Uighur sekaligus menepis "isu" miring suap pemerintah RRC terhadap ormas islam," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menuturkan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi massa aksi kepada pemerintah pusat secara bertahap.

BACA JUGA: Said Aqil: Dubes Cina akan ke PBNU Lagi Jelaskan Soal Uighur

"Insya Allah tentu akan kami sampaikan secara berjenjang, mulai dari tingkat provinsi hingga nasional," pungkasnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat29 Maret 2024, 22:13 WIB

Gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Guncangannya Terasa Hingga Kalapanunggal Sukabumi

BMKG melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 3,0 mengguncang wilayah Kota Bogor Jawa Barat dan sekitarnya pada Jumat (29/3/2024) malam.
Episenter gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Jumat (29/3/2024) pukul 21:22:42 WIB. (Sumber : BMKG)
Sehat29 Maret 2024, 22:03 WIB

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Picu Diabetes dan Obesitas!

Penting dalam hidup mengetahui bahaya keseringan bergadang. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh lama kelamaan.
Ilustrasi. Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh. (Sumber foto : Pexels/cottonbro pro)
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus