Menu

06 Des 2019, 20:33 WIB

Rumah Warga Gunungpuyuh Sukabumi Tersambar Petir

Sudut rumah warga yang tersambar petir di Jalan Merbabu RT 05/04, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jumat (6/12/2019).

SUKABUMIUPDATE.com - Petir menyambar sebuah rumah di Jalan Merbabu RT 05/04, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jumat (6/12/2019). Peristiwa ini terjadi saat hujan deras mengguyur, Jumat sekitar pukul 15.30 WIB.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami menyatakan, petir yang menyambar rumah milik Dadang (43 tahun) itu akibat parabola yang tidak dipasangi arde atau grounding.

BACA JUGA: Rumah di Cikembar Sukabumi Tersambar Petir, Pemilik: Suaranya Seperti Ledakan Bom

"Parabola di atas rumah yang tak difungsikan itu tidak terlindung dengan arde," kata Zulkarnain kepada sukabumiupdate.com.

Zulkarnain mengatakan, grounding atau arde pada instalasi listrik berguna sebagai pencegah terjadinya kontak antara makhluk hidup dengan tegangan listrik yang terekspos akibat terjadi kegagalan isolasi. 

BACA JUGA: Polisi Pastikan Wanita Paruh Baya di Ciracap Sukabumi Tewas Tersambar Petir

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena pada saat kejadian rumah ditinggal penghuninya. Namun sejumlah barang rusak termasuk sebuah televisi. 

"Akibatnya kasur terbakar, plafon rusak, televisi, dinding kamar pecah dan gosong. Penghuni selamat karena pada saat kejadian tidak berada dalam rumah," tukasnya.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemilihan Kepala Desa 2020 di Kabupaten Bogor atau Pilkades Kabupaten Bogor dibatalkan. Belum jelas sampaikan penundaan Pilkades Kabupaten Bogor itu. Dilansir dari Suara.com, pembatalan Pilkades 2020 karena pandemi...

SUKABUMIUPDATE.com - Asep (40 tahun) dilaporkan hilang saat berenang di lokasi wisata Curug Cipatala, Desa Panumbangan, Kecamatan Jampang Tengah, Rabu (12/8/2020). Tim SAR Gabungan bersama warga dan pihak keluarga menemukan...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemimpin redaksi portal berita banjarhits.id Diananta Putra Sumedi divonis penjara 3 bulan 15 hari oleh Pengadilan Negeri Kotabaru dalam sidang putusan yang digelar Senin, 10 Agustus 2020. Guru...

SUKABUMIUPDATE.com - Musisi Jerinx SID resmi ditahan oleh Polda Bali pada Rabu (12/8/2020) siang. Penahanannya terkait kasus ujaran kebencian yang dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali. "Siang ini tadi sekira...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya