Menu

29 Okt 2019, 06:00 WIB

HPMIS Sebut Ada Oknum Manfaatkan Kelangkaan Blanko e-KTP di Cicurug Sukabumi

Audiensi HPMIS di Aula Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Senin (29/10/2019). | Sumber Foto:Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pemuda Mahasiswa Islam Sukabumi (HPMIS) menyebut ada oknum yang terindikasi memanfaatkan kelangkaan persediaan blanko e-KTP di Kecamatan Cicurug. Hal itu disampaikan setelah audisi di Kantor Kecamatan Cicurug, Senin (28/10/2019).

BACA JUGA: Bahas E-KTP hingga Terminal Mangkrak, HPMIS Datangi Kantor Kecamatan Cicurug Sukabumi

"Sebetulnya e-KTP tidak berbayar atau gratis. Namun ada indikasi memanfaatkan kelangkaan blanko ini, alih-alih harus membayar bila ingin cepat keluar blanko e-KTP," ujarnya kepada awak media.

Sementara itu, Kepala UPTD Disdukcapil Kecamatan Cicurug, Sobari mengatakan, semua pelayanan terkait pengadaan e-KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran itu gratis. Namun ia mengakui ada indikasi permainan oknum bila melalui calo. "Makanya datang saja langsung ke UPTD. Itu gratis," terangnya.

BACA JUGA: 4.000 e-KTP Warga Cicurug Sukabumi Belum Dicetak, Kepala UPTD Diancam Santet

Saat ini, Kata Sobari, permintaan e-KTP yang belum tercetak di UPTD Cicurug terdata ada 3.000 pengajuan. Angka itu terus bertambah karena persediaan blanko e-KTP sangat terbatas.

"Saat ini dalam sebulan UPTD Cicurug hanya diberikan 25 keping blanko e-KTP, sedangkan permintaan cetak e-KTP dalam sehari mencapai 150. Jadi akan terus bertambah karena pemasukan dan pengeluaran tidak sebanding," pungkasnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar memutuskan, pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk SMA sederajat di rumah masing-masing kembali diperpanjang hingga 27 April 2020 mendatang.  Perpanjangan PBM ini merupakan...

SUKABUMIUPDATE.com - Melansir dari tempo.co, DPR RI membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19. Tim ini akan membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan penyebaran virus Corona di setiap daerah. "Tujuan dibentuknya satgas...

SUKABUMIUPDATE.com - DPD Partai NasDem (Nasional Demokrat) Kota Sukabumi, ikut bergerak dan terjun langsung ke jalan untuk memerangi penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19. Baik melalui penyemprotan cairan disinfektan...

SUKABUMIUPDATE.com - Melansir dari tempo.co, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal menjelaskan mekanisme pengajuan pembatasan sosial berskala besar atau status PSBB untuk daerah yang...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya