Light Dark

BPBD Sebut Pergerakan Tanah di Cibadak Sukabumi Bukan Akibat Tambang Pasir Kuarsa

Sukabumi | 15 Oct 2019, 00:30 WIB
Tenda pengungsian korban pergerakan tanah di Kampung Benda, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memastikan tenda pengungsian untuk korban Pergerakan Tanah di Kampung Benda, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, berada di zona aman.

BACA JUGA: BPBD Tegaskan Kemarau Panjang Picu Pergerakan Tanah di Cibadak


Advertisement

Kasi Kedaruratan, BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman menegaskan hal ini berdasarkan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Senin siang kemarin.

"Tadi pemberitahuan sudah kami terima dari PVMBG melalui telepon seluler, bahwa di kampung ini aman. Rencananya akan dirilis secara resmi dalam waktu dekat ini," beber Eka kepada sukabumiupdate.com, Senin (14/10/2019) melalui pesan singkat.

Selain itu, Eka juga menegaskan Pergerakan Tanah bukan karena aktivitas tambang pasir kuarsa yang berada di dekat lokasi pergerakan tanah. "Ini tidak ada kaitannya dengan aktivitas tambang," tegasnya.


Advertisement

Masih kata Eka, BPBD sudah memberikan bantuan berupa kebutuhan sehari-hari untuk korban terdampak pergerakan tanah. Ia juga mengimbau, warga untuk tetap tenang. "Masyarakat harap tenang, dan jalankan aktivitas seperti biasa saja," tandasnya.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

CRP 3

Reporter