Rojak Daud Orasi di DPR RI, Petani dan Mahasiswa Sukabumi Tolak RUU 'Ngaco'

Selasa 24 September 2019, 08:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Kurang lebih 130 orang dari unsur petani dan mahasiswa Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/9/2019) pagi bergabung dengan massa aksi menolak pengesahan sejumlah rancangan undang undang (RUU) 'ngaco' di depan Gedung DPR MPR RI di Jakarta.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Petani Indonesia (DPC SPI) Sukabumi, Rojak Daud bahkan ikut menjadi orator diatas mobil komando SPI pusat, meneriakan penolakan terhadap RUU Pertanahan yang dinilai berpotensi “membunuh” petani miskin di Indonesia.

BACA JUGA: DPRD Kota Sukabumi Kirim Tuntutan Mahasiswa lewat Mesin Fax, Unjuk Rasa Tolak RUU Bubar

“Kami berangkat tadi subuh dari Sukabumi menggunakan sejumlah kendaraan roda empat. Massa dari Sukabumi sekitar 130 orang yang terdiri petani (SPI) 80 orang dan sisahnya mahasiswa yang konsen terhadap isu-isu pertanian dan pertahahan,” jelas Rojak kepada sukabumiupdate.com, melalui aplikasi whatsapp.

 

Para petani menurut Rojak sangat berkepentingan untuk ikut bergabung dengan massa mahasiswa yang lebih dulu menduduki gedung DPR MPR RI. SPI menolak pengesahan RUU pertanahan yang tengah dibawah wakil rakyat, karena substansi dan batang tubuh dari RUU (draf hasil pembahasan Panja RUU Pertanahan tanggal 21-23 Juni 2019) belum memuat prinsip keadilan, beberapa pasal bahkan bertentangan dengan konstitusi dan UUPA 1960.

BACA JUGA: Tolak RUU Pertanahan, Mahasiswa Kepung DPRD Kota Sukabumi

SPI melihat pasal yang mengatur hak milik atas satuan rumah susun untuk orang asing, hak pengelolaan yang mengurangi hak menguasai negara, membuka peluang selebar-lebarnya terhadap penguasaan tanah. Draf RUU Pertanahan ini dinilai belum menyelesaikan berbagai persoalan sektoral dalam pengaturan terkait tanah di Indonesia, bank tanah atau lembaga pengelola tanah serta sanksi-sanksi yang memberatkan petani namun menguntungkan korporasi. 

“Walaupun presiden menunda pengesahan RUU pertanahan tapi sewaktu-waktu bisa disahkan. Pemerintah tidak perlu memboros biaya untuk membahas RUU pertanahan tetapi laksanakan UUPA No 5 Tahun 1960 sebagai solusi untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Rojak.

BACA JUGA: Ada Peluang Korupsi Dalam RUU Pertanahan

Ia menambahkan bahwa belum ada rencana lebih lanjut dari massa petani dan mahasiswa Sukabumi yang ikut aksi di DPR RI. “Rencananya kita pulang tapi kita lihat dulu situasi dan pelaung aspirasi ini dipenuhi oleh legislatif dan pemerintah, kita menunggu komando SPI pusat,” tutupnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional22 Mei 2024, 10:20 WIB

21-22 Mei 5 Tahun Lalu, Protes Hasil Pemilu 2019 Picu Kerusuhan di Jakarta

Peristiwa besar terjadi di Jakarta pada 21-22 Mei 2019, aksi protes hasil Pemilu 2019 memicu kerusuhan terjadi di sekitar kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat dan di Jakarta Barat.
Aksi damai menolak hasil Pemilu 2019 berakhir ricuh di Jakarta | Foto : kompas.com
Sehat22 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Faktor Penyebab Sakit Kepala Pada Anak Yang Jarang Diketahui Orang Tua

sakit kepala pada anak seringkali tidak disadari orang tua. Namun ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa ini bisa menyerang si kecil dan harus diketahui agar segera mendapatkan pengobatan
Ilustrasi seorang anak yang mengalami sakit kepala (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life22 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Strategi Disiplin Positif untuk Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Teknik disiplin positif sangat membantu untuk mendidik anak-anak.
Ilustrasi - Teknik disiplin positif sangat membantu untuk mendidik anak-anak. (Sumber : Freepik.com/@peoplecreations)
Inspirasi22 Mei 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja di Jakarta untuk Lulusan SMA/SMK Bidang Operation

Info Loker Jakarta SMA di Indofood untuk posisi Mekanik ini dibuka hingga 12 Juni 2024 mendatang.
Lowongan Kerja di Jakarta untuk Lulusan SMA/SMK Bidang Operation (Sumber : Freepik/DCStudio)
Sukabumi22 Mei 2024, 09:12 WIB

Ketua Apdesi Jenguk Achsan Penderita Penyakit Paru-paru Asal Cisolok Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin menjenguk Adinda Muhamad Achsan, balita berusia dua tahun asal Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok yang sedang berjuang melawan penyakit paru-paru
Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin saat menjenguk Adinda Muhamad Achsan, balita penderita paru-paru kronis di RSUD Palabuhanratu | Foto : SU
Sehat22 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami Agar Tidak Kambuh Lagi

Asam urat bisa diobati dengan cara alami.
Ilustrasi. Asam urat bisa diobati dengan cara alami. Sumber: Freepik/@freepik
Sehat22 Mei 2024, 08:00 WIB

Tips Cepat Sembuh: 10 Olahraga Rumahan yang Bisa Dilakukan Penderita Asam Urat

Olahraga di rumah: Pilih gerakan yoga yang lembut seperti pose anak (child's pose), kucing-sapi (cat-cow), dan pose pohon (tree pose). Hindari pose yang memberi tekanan berlebih pada sendi.
Ilustrasi. Yoga di rumah. Tips Cepat Sembuh: Ini Olahraga Rumahan yang Bisa Dilakukan Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik/stocking)
Life22 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Cara Melawan Ego Diri Sendiri Agar Tidak Menghambat Kebahagiaan Hidup

Fokus pada kebahagiaan yang datang dari dalam diri, bukan dari pengakuan atau validasi orang lain, dengan tujuan untuk melawan ego diri sendiri agar hidup bahagia.
Ilustrasi Orang Egois. Cara Melawan Ego Diri Sendiri yang Menghambat Kebahagiaan Hidup (Sumber : Freepik)
Sukabumi22 Mei 2024, 07:00 WIB

Daftar SMA Terbaik di Sukabumi, Rekomendasi PPDB 2024

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 akan dimulai sebentar lagi. Sebagai persiapan, updaters bisa mencari informasi tentang SMA terbaik di Sukabumi.
Ilustrasi sekolah terbaik di Sukabumi | Foto : Pixabay
Food & Travel22 Mei 2024, 06:00 WIB

Gampang! Cara Membuat Infused Water Kulit Jeruk untuk Meredakan Nyeri Sendi

Serat dalam kulit jeruk dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh, yang dapat menyebabkan nyeri sendi.
Bisa Bantu Turunkan Gula Darah, 8 Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)