Menu

Selasa, 13 Agustus 2019, 23:11 WIB

Kebakaran Lahan Kering di Simpenan, Polisi: Bekas Pembukaan Lahan Huma

Lahan terbuka seluas dua hektare di Kampung Cipendey, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi terbakar pada Selasa (13/8/2019) malam, sekitar pukul 19.00 WIB. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Lahan terbuka seluas dua hektare di Kampung Cipendey, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi terbakar pada Selasa (13/8/2019) malam, sekitar pukul 19.00 WIB.

BACA JUGA: Video: Kebakaran Lahan Hutan di Bukit Senyum Gunung Butak

Kapolsek Simpenan, AKP Aguk Husaini menjelaskan, kebakaran di atas lahan penuh ilalang kering itu diduga karena pembukaan lahan untuk huma dengan cara membakar bekas rumput atau semak ilalang sehabis pembersihan.

"Kobaran api terlihat di blok Cibulagor, Desa Sangrawayang sekitar pukul 19.00 WIB. Diduga bekas pembersihan semak, lalu dibakar dan ditinggalkan begitu saja, kemudian api merembet," papar Aguk saat dikonfirmasi sukabumiupdate.com, Selasa malam melalui sambungan telepon seluler.

BACA JUGA: Kebakaran Lahan di Palabuhanratu, Damkar: Gara-gara Puntung Rokok

Beruntung, lanjut Aguk, peristiwa tersebut tak menimbulkan korban mengingat posisi lahan yang jauh dari permukiman warga. 

"Kita sudah berikan imbauan dan teguran juga, agar masyarakat tidak membuka lahan huma dengan membakar rumput atau semak-semak yang habis dibersihkan atau dicacar. Musim kemarau, api mudah merembet lebih luas lagi," tandasnya.

BACA JUGA: Gara-gara Puntung Rokok, Lahan Kering di Subangjaya Sukabumi Kebakaran

Sementara itu, petugas BPBD Kabupaten Sukabumi wilayah Kecamatan Simpenan, Yayan Bastiar menambahkan, proses pemadaman api dilakukan secara manual mengingat jarak yang jauh dari permukiman dan tak dimungkinkan kendaraan pemadam kebakaran untuk diterjunkan.

"Dari lokasi lahan yang terbakar dengan pemukiman warga kira-kira dua kilometer. Kita bersama warga padamkan api dengan alat seadanya. Masih terus dimonitor untuk memastikan api tidak menjalar. Pukul 21.30 WIB api sudah berhasil dipadamkan," timpalnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya mendukung penuh usul Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk memberlakukan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara asimetris sebagai bagian dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Kian hari, YouTuber Indonesia semakin bersaing dalam membuat konten kreatif serta menarik, khususnya di Bidang kuliner. Nah, beberapa waktu yang lalu, warganet sempat dihebohkan dengan aksi YouTuber bernama...

SUKABUMIUPDATE.com - Diberitakan sebelumnya, di Desa Purwasedar, tercatat hak pilih sebanyak 5.695 dengan surat suara sah sebanyak 4.315 dan tidak sah sebanyak 76, serta persentase kehadiran 75 persen. Dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Ajun Komisaris Besar Asep Darmawan dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar, Riau, lantaran tepergok mengobrol ketika Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan arahan saat memimpin apel Kasatwil, pekan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya