Menu

Rabu, 17 Juli 2019, 13:48 WIB

Saling Lempar Tanggung Jawab Pengelola Objek Wisata Panyawangan Cekdam Ciemas

Salah satu fasilitas di objek wisata Panyawangan Cekdam yang terbengkalai. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata alam Panyawangan Cekdam di Kampung Cigaok, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi tidak terurus. Padahal Panyawangan Cekdam ini menjadi objek wisata yang menyajikan keindahan berupa bentangan kawasan Geopark Ciletuh.

Pantauan sukabumiupdate.com, objek wisata Panyawangan Cekdam dipenuhi rumput liar. Begitupun dengan mushola dan MCK, serta bangunan tempat istirahat nampak kumuh. Jalan menuju Panyawangan Cekdam yang berbatu nyaris tertutup lumput dan ilalang liar.

BACA JUGA: Wisata Panyawangan Cekdam Ciemas Sukabumi Terbengkalai

Panyawangan Cekdam ini berada tidak jauh dari jalan Raya Geopark Ciletuh ruas Waluran - Palangpang, tepatnya sekitar 50 meter dari jalan Raya Tamanjaya. Lokasinya berjarak kurang dari satu kilometer dari objek wisata Panenjoan.

Tempat tersebut terbengkalai karena objek wisata yang dibangun Pemerintah Kabupaten Sukabumi 2015 silam ini tanpa pengelola, dibiarkan rusak setelah dibangun. Pihak desa, karang taruna hingga komunitas pegiat wisata lokal setempat saling tuding soal tanggung jawab.

Menanggapi hal itu, Plt Camat Ciemas, AG Sanjaya, menuturkan akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Tamanjaya seta pihak Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI).

"Kami akan segera komunikasi dengan pihak desa, PAPSI dan penggiat wisata, untuk kembali menata dan mengurus lokasi wisata Panyawangan Cekdam," ungkapnya, kepada sukabumiupdate.com, Selasa (16/7/2019).

BACA JUGA: Tebing Panenjoan Ciemas Sukabumi Terbakar Lagi

Menurut Sanjaya, pengelolaan objek wisata Panyawangan Cekdam awalnya oleh pihak desa melalui Karang Taruna, namun ada informasi lagi oleh pihak PAPSI. Maka dari itu, kata Sanjaya perlu dipastikan pengelolannya.

"Kami akan segera musyawarah adapun siapa yang jadi siap jadi pengelolanya tergantung hasil kesepakan, namun yang pasti lokasi wisata tersebut akan segera ditata kembali dan dirawat," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com  - Kisah menyedihkan dialami oleh seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun yang disiksa oleh orang tua angkatnya hingga nyaris lumpuh. Sejak tiga tahun lalu, saat masih berumur delapan tahun,...

SUKABUMIUPDATE.com  - Polisi telah membongkar kasus perdagangan anak-anak di sebuah tempat karaoke bernama Carista di Kampung Pamatang, Desa Pejamben, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten. Dalam kasus ini, polisi menetapkan wanita bernama...

SUKABUMIUPDATE.com - Panorama alam dan objek wisata pantai di Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi memang tidak ada habisnya. BACA JUGA: Mancing Sambil Menikmati Indahnya Sunset di Dermaga Palabuhanratu Garis pantai yang...

SUKABUMIUPDATE.com – Warga Lembursitu Kota Sukabumi geram, terutama mereka yang tinggal di sekitar rumah Nadia Putri, bocah lima tahun yang tewas menggenaskan ditangan kakak dan ibu angkatnya. Pasalnya, akun...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya