Menu

Sabtu, 25 Mei 2019, 15:35 WIB

Simak, Empat Titik Rawan Kemacetan di Sukabumi Jelang Arus Mudik Lebaran

Kondisi lalin dari Bogor menuju Sukabumi, kendaraan mengantre dari Cibeubeur hingga Pasar Cicurug. | Sumber Foto:doc. sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com - Satlantas Polres Sukabumi lakukan pemetaan dalam menghadapi lonjakan jumlah kendaraan jelang arus mudik lebaran, yang diprediksi akan terjadi mulai pekan depan. Lintasan utama Bogor-Sukabumi akan menjadi jalan alternatif untuk mengurangi kepadatan kendaraan pemudik.

BACA JUGA: Bagaimana Persiapan Mudik Lebaran 2019 di Pemkab Sukabumi?

Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Galih Bayu Raditya menerangkan terdapat empat titik rawan kemacetan yang harus diwaspadai para pengguna kendaraan saat menggunakan jalur Sukabumi, baik dari arah Bandung maupun dari arah Jakarta. 

"Dari keempat titik rawan kemacetan arus mudik mendatang, tiga titik diantaranya berada di sekitar kawasan perbelanjaan pasar semi modern, antara lain mulai dari Pasar Cicurug, Parungkuda dan Pasar Cibadak. Satu lokasi lainnya yang masuk sebagai titik rawan kemacetan adalah Jalan Raya Simpang Tiga Cibadak-Palabuhanratu," ujar Galih.

Selain keempat titik tadi, kata Galih masih ada beberapa lokasi yang juga rawan kemacetan arus kendaraan, yakni di setiap lintasan yang berada di sekitar lokasi pabrik di sepanjang Jalur Utara. Namun titik tersebut lebih bersifat kondisional, terutama setelah diberlakukannya hari libur bagi seluruh karyawan pabrik.

"Kemacetan juga diprediksi hanya terjadi di jam-jam tertentu saja, yakni disaat jam aktifitas buruh, sedangkan di sekitar lokasi pasar kemacetan lebih disebabkan oleh aktifitas masyarakat yang berbelanja untuk persiapan menyambut lebaran," katanya.

Menurut Galih, ada dua pola pengaturan untuk mendukung kelancaran arus lalulintas. Meliputi pemberlakuan pola kanalisasi untuk lintasan sekitar pabrik, serta pola optimalisasi jalur alternatif yang tersebar di sepanjang Jalan Bogor-Sukabumi. Selain kedua pola itu, akan disertai penempatan personil di setiap titik rawan kemacetan.

BACA JUGA: Mudik Lebaran 2019, Lima Jalan Tol Fungsional Siap Dilintasi

"Kami akan mengerahkan 600 orang personil kepolisian untuk menekan tingkat kemacetan arus lalulintas sepanjang musim arus mudik lebaran nanti. Sementara untuk mengantisipasi kemacetan di arus balik nanti, rencanannya pengoperasian lampu merah arah Tol Bocimi akan dilakukan secara manual melihat kontijensi arus lalulintas," jelas Galih.

Selain jalur utama di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, tambah Galih titik rawan kemacetan lainnya yang telah dipetakan oleh Satlantas Polres Sukabumi adalah jalan menuju Palabuhanratu dan beberapa daerah di wilayah Selatan Sukabumi. 

"Di lintasan menuju kawasan obyek wisata Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ini, titik rawan kemacetan akan terjadi di Jalan Raya Simpang Tiga Bagbagan-Simpenan. Jalur ini puncak kemacetan diprediksi akan terjadi pada saat libur lebaran," pungkasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki H+3 Lebaran 2019, arus lalu lintas jalur utama Sukabumi-Bogor terpantau padat merayap. Kepadatan terjadi dibeberapa titik yang menjadi jalur wisata menuju Sukabumi, Sabtu(8/6/2019).  BACA JUGA: Libur Lebaran, Jalur...

SUKABUMIUPDATE.com - Pantauan arus lalu lintas di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di jalur protokol Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dari pukul 14.00 WIB hingga saat ini pukul 16 WIB terpantau padat...

SUKABUMIUPDATE.com - Hari raya Idul Fitri atau Lebaran sangat dinanti umat muslim untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, apalagi bagi para perantau menjadi tradisi yang tak boleh dilewatkan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagi keceriaan di bulan penuh berkah dan rahmat Ramadan menjadi tujuan utama clup motoris, Mosta Max Owners Kota dan Kabupaten Sukabumi. Pecinta motor matic tambun besutan Yamaha...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya