Pemulangan Jenazah TKW asal Surade Menunggu Proses Kemenlu RI

Rabu 01 Mei 2019, 02:51 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPC Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Sukabumi, Jejen Nurjanah mengungkapkan surat permohonan untuk pemulangan jenazah Lasminah (36 tahun), TKW asal Kampung Nagrak 2 RT 05/06 Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi sedang dalam diproses.

Lasminah yang sudah 10 tahun bekerja sebagai TKW meninggal dunia di Arab Saudi, kabar tersebut diterima pihak keluarga pada 15 Maret 2019 dan tak jelas penyebab kematiannya. Lasmina awal berangkat memakai alamat Kampung Cibayur, Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.

BACA JUGA: Jenazah TKW Surade Bisa Dipulangkan, SBMI Minta Keluarga Buat Surat Kuasa Pendampingan

"Kami bersama pengurus P2TP2A Kabupaten Sukabumi, Kasi Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Anak (P3A) langsung diintruksikan oleh ketua P2TP2A, Ibu Yani Marwan menghadap Kemenlu RI, untuk memproses permohonan pemulangan jenazah," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (30/4/2019).

Jejen mengaku sedikit lega, ketika pengaduan permohonan pemulangan jenazah sudah diterima Kemenlu RI Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Bantuan Hukum Indonesia (BHI). "Alhamdulillah permohonan sudah diterima Kemenlu RI," ujarnya.

Keluarga almarhumah Lasminah, kata Jejen di dampingi ketua RW atas izin kepala desa, sempat mendatangi Kemenlu RI agar jenazah Lasminah dapat dimakamkan di kampung halamannya. Namun, karena dokumen penunjang tidak lengkap maka pihak kementerian luar negeri meminta pihak keluarga untuk melengkapinya lebih dulu.

"Makanya kami bersama SBMI DPD Jawa Barat bersinergi dengan P3A ibu Ade Rusyati, membantu mulai dari proses pengajuan permohonan sampai menyerahkan dokumen fisik almarhumah ke Kemenlu RI. Bahkan pihak P3A telah memfasilitasi mulai dari desa sampai ke Jakarta," jelasnya.

BACA JUGA: Keluarga TKW Asal Surade Minta Presiden Bantu Pulangkan Jenazah Lasminah

"Kami berharap pemerintah melalui Kemenlu, selalu hadir dan bisa memulangkan jenazah, melalui jalur diplomatik RI-Jeddah," pungkasnya.

Sementara itu ketua SBMI Jeddah, Suib Darwanto berharap KJRI Jeddah segera melakukan langkah-langkah konkret dalam upaya pemulangan jenazah. "Sesuai permohonan Keluarga ke Kemenlu RI," singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik