Menu

26 Mar 2019, 21:04 WIB

Dorong Profesionalisme Media Siber, Dewan Pers Verifikasi AMSI Jabar

Wakil Ketua Dewan Pers Indonesia Ahmad Djuhar foto bersama dengan anggota organisasi AMSI Jabar, di Sekretariat AMSI Jabar di Jalan Peta Bandung, Selasa (26/3/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dewan Pers melakukan verifikasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jabar, Selasa (26/3/2019). Verifikasi dilakukan di Sekretariat AMSI Jabar di Jalan Peta, Bandung. 

Verifikasi tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djuhar dan Sekretaris Dewan Pers, Rita. Sejumlah perwakilan anggota AMSI Jabar turut hadir, termasuk CEO Sukabumiupdate.com Nuril Arifin. 

Terdapat sejumlah poin yang diverifikasi. Diantaranya kelengkapan kantor, validitas anggota AMSI Jabar, hingga dokumen-dokumen pendirian perusahaan pers anggota AMSI Jabar. 

"Banyak sekali media yang didirikan tapi sebenarnya dalam akta pendiriannya, jenis usahanya lain. Semisal kontraktor atau perdagangan. Jadi, akta pendirian itu harus sama dengan bidang usahanya, media atau pemberitaan," ujar Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djuhar di sela verifikasi. 

Ia menegaskan, Dewan Pers sebagai lembaga independen yang menaungi media di Indonesia ingin menjalankan amanah masyarakat dalam mendorong komunitas media menjadi profesional. Verifikasi dilanjutkan dengan diskusi, termasuk perlindungan hukum terhadap awak media.

BACA JUGA: Dibuka Wapres, sukabumiupdate.com Hadiri Kongres Pertama AMSI

Dewan Pers mendorong agar media-media menjalankan kerja jurnalistik berpedoman kepada kode etik dan UU Pokok Pers. Mendaftarkan lembaganya di Dewan Pers, lalu awak medianya mengikuti uji kompetensi wartawan.

Sementara itu, Ketua AMSI Jabar, Rahim Asyik, menyambut baik saran Dewan Pers. "Kami akan sering kumpul, melakukan pelatihan-pelatihan, sharing ide, dan mendorong perusahan-perusahan media menjadi media yang baik," ujarnya.

Untuk diketahui, terdapat lebih dari 20 media siber di Jawa Barat telah terdaftar sebagai anggota AMSI Jabar. Dari jumlah tersbeut sebagiannya sudah terverifikasi oleh Dewan Pers.

Reporter : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Memanaskan makanan sudah jadi kebiasaan bagi masyarakat perkotaan. Entah karena kesadaran untuk tidak membuang-buang makanan atau tidak memiliki waktu untuk memasak makanan segar.  Banyak yang mengatakan bahwa makanan...

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19, gelombang tinggi, hingga guyuran hujan tak menyurutkan para pelancong lokal hingga luar daerah yang ingin menghabiskan waktu libur panjang dan cuti bersama di pengujung Oktober...

SUKABUMIUPDATE.com - Masa depan bek Bayern Munich David Alaba di klub juara Eropa ini masih belum jelas setelah pembicaraan kontraknya selama berbulan-bulan tak kunjung mencapai kemajuan ke arah kontrak...

SUKABUMIUPDATE.com - Netflix pada pekan ini mengumumkan telah menaikkan harga berlangganannya di Amerika Serikat, demikian diwartakan sejumlah media seperti Digital Trends dan CNBC. Melansir Suara.com, untuk paket standar, harga Netflix...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya