Menu

Minggu, 10 Maret 2019, 15:43 WIB

Longsor di Cibadak Sukabumi, Belum Dapat Perhatian Pemda

Warga tampak membersihkan tanah longsor yang terjadi di Kampung Cimanggu 01/06 Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Suhendi

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor terjadi di Kampung Cimanggu 01/06 Desa Cihelang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Akibatnya sawah, kolam ikan tergerus tanah dan tujuh rumah terancam longsor.

Longsor yang terjadi pada Selasa, 26 Februari 2019 lalu, sekitar pukul 05:60 WIB tersebut, hingga kini belum medapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Sehingga warga berinisitaif kerja bakti membersihkan longsoran tanah yang berdampak pada sumber air.

Kepala Dusun Wilayah Kebonkai, Jaliludin menjelaskan akibat longsoran tanah tersebut empat petak sawah, dua kolam ikan berisi kurang lebih empat kwintal habis tergerus oleh lonsoran tanah dan air.

BACA JUGA: 22 Makam di Nagrak Sukabumi Tergerus Longsor, 18 Jenazah Hilang

"Berdampak juga kepada sumber air yang mengalir pada ratusan rumah warga di dua kedusunan yaitu, Cimanggu dan Kebonkai. Sehingga selama 13 hari ini mengandalkan air sungai dan meminta ke tetangga," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Minggu (10/3/2019).

Menurut Jaliludin, saat kejadian baik desa, dinas sosial desa dan kecamatan sudah mengetahui tentang ini. Namun hingga kini belum ada kelanjutannya.

"Kami tidak bisa menunggu lama, karena sumber air ini sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan akibat lonsor, sumur warga juga menjadi keruh," ucapnya.

Maka dari itu, Jaliludin berinisiatif mengajak warga untuk bergotongroyong membersihkan material tanah dengan alat seadanya, karena jika menggunakan alat berat, mereka tidak mengetahui harus mengajukan kemana dan harus bagaimana.

"Kami hanya bisa mengajukan sampai kecamatan, tapi belum ada kabar lagi sampai sekarang. Padahal kerugian material sudah dikalkulasikan sebesar Rp 30 juta. Itu juga belum termasuk kayu dan bambu yang tertimbun," pungkasnya.

Reporter : SUHENDI
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu tren modifikasi sepeda motor adalah penggunaan ban berukuran kecil dengan pelek besar atau juga disebut sebagai Hellaflush. Sebelumnya, Hellaflush merupakan aliran modifikasi pada mobil. Namun modifikasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Cidadap (FKMC) Kecamatan Simpenan mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/11/2019). Mereka yang datang merupakan tim sukses...

SUKABUMIUPDATE.com - UPT Pengendalian Penduduk (Dalduk) Jampang Kulon, sosialisasi dan memberikan pembinaan tentang kesehatan, lingkungan dan peran penting keluarga kepada masyarakat, di Kampung KB Cibenda Desa Cikarang, Kecamatan Jampang...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan, pelakasanaan pilkada langsung di Indonesia turut menyebabkan 826 pasangan suami istri atau pasutri bercerai, terutama di daerah Jawa. "Data terakhir itu...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya