Menu

Sabtu, 09 Maret 2019, 10:13 WIB

Pergerakan Tanah di Nyalindung Sukabumi, Satu Rumah Terancam Amblas

Kondisi rumah yang terancam amblas akibat pergerakan tanah di Kampung Panaruban, Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pergerakan tanah terjadi di Kampung, Panaruban RT 003/005, Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Akibatnya satu rumah semi permanen terancam tergerus tanah dan tak bisa di tempati.

Kasi Kedaruratan dan logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widyaman dalam keterangan tertulisnya mengatakan, pergerakan terjadi pada Rabu, 6 Maret 2019, sekitar pukul 08:30 WIB.

"Pergerakan tanah diakibatkan hujan yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Nyalindung, satu rumah terancam terbawa amblasnya tanah kurang dengan lebih lebar kurang lebih 10 meter dan tinggi 3 meter," ujarnya.

BACA JUGA: Pergerakan Tanah di Cikembar Sukabumi, Satu Rumah Rusak Parah

Menurut Eka, setahun yang lalu pernah terjadi pergerakan tanah. Namun belum separah ini dan rumah masih bisa di tempati.

"Sedangkan yang sekarang ini rumah yang dihuni oleh 1 KK dan 3 jiwa tidak bisa ditinggali lagi, karena pergerkan tanah terus menerus mengakibatkan retakan retakan sudah terlihat di dinding rumah dan di samping rumahnya sudah amblas," katanya.

Dikhawatirkan rumah ambruk tergerus tanah, kata Eka terpaksa rumah tersebut dikosongkan dan mengungsi ke saudaranya.

"BPBD Kabupaten Sukabumi sudah melakukan beberapa langkah, yakni assessment ke lokasi, berkoordinasi dengan BMKG untuk pengkajian pergerakan tanah, mengungsikan pemilik rumah ke saudaranya, berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa setempat dan pihak Muspika," paparnya.

"BPBD dalam hal ini terus mengimbau pada masyarakat, apabila terdapat kejadian serupa ataupun lainnya dapat menghubungi call center (0266) 6323717," pungkasnya.

Reporter : DEMMI PRATAMA
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Akibat pergerakan tanah, enam makam di TPU Gunungbatu Pasirsalam, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, rusak. Tanah pemakaman yang berada di bukit Pasirsalam ini perlahan belah dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan jiwa di Kampung Gunungbatu RT 02 dan 03 RW 09 Kedusunan Liunggunung, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, diungsikan ke tenda pengungsian akibat bencana pergerakan tanah. Kepala...

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan provinsi ruas Sukabumi-Sagaranten di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, amblas akibat pergerakan tanah. BPBD Kabupaten Sukabumi menghimbau kendaraan bertonase besar menghindari jalan tersebut dan memilih jalan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hanya dalam satu minggu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, menemukan ribuan lembar kertas surat suara Pemilu 2019 rusak, saat proses penyortiran dan pelipatan surat suara di...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya