Terpaksa Berhenti Jadi Buruh Garmen, Maya Asal Lengkong Sukabumi Sudah 14 Bulan Lumpuh

Senin 04 Maret 2019, 12:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mayasari (30 tahun), warga Kampung Joglo, Desa Langkapjaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, sudah 14 bulan mengalami kelumpuhan. Kesehatannya semakin hari semakin memburuk akibat sakit yang dideritanya. Dia hanya bisa terbaring lemah di atas tempat tidur. 

Namun, tak jelas penyakit apa yang diderita wanita yang akrab disapa Maya ini. Sebab beberapa dokter yang pernah memeriksanya tak menjelaskan diagnosa penyakitnya. Maya hanya merasakan sakit pada bagian pinggang yang awalnya dirasakan sejak dirinya bekerja sebagai buruh garmen di daerah Cibadak.

Sebagai buruh jahit yang dikejar target, Maya selalu kekurangan minum sehingga menyebabkan ginjalnya terganggu.

"Selama kerja di pabrik saya sering mengeluh sakit pinggang, namun masih bisa diatasi obat. Akhirnya pada awal 2017 saya berhenti karena sakit saya semakin parah," ungkap Maya kepada sukabumiupdate.com, Senin (4/3/2019).

BACA JUGA: Kaki Remuk Dilindas Truk Kontainer, Buruh Cicurug Berhutang Rp 51 Juta ke Rumah Sakit

Setelah berhenti bekerja Maya sempat beberapa kali melakukan pengobatan, namun beberapa dokter yang memeriksanya tidak menceritakan diagnosa penyakitnya.

Untuk melanjutkan berobat ke rumah sakit, Maya terbentur biaya sehingga pengobatan alternatif seperti di pijat jadi pilihan. 

"Saya juga sempat berobat ke alternatif katanya penyakit saya ini berasal dari saraf yang kejepit, dan sempat juga saya dipijat karena untuk berobat ke rumah sakit saya tidak punya biaya," ujarnya.

Penderitaannya bertambah, ketika sakit suaminya menceraikan Maya.

Ibu kandung Maya, Sari (47 tahun) mengungkapkan sudah menempuh berbagai cara untuk kesembuhan anaknya tersebut, meski terbentur dengan keadaan ekonomi.

"Saya hanya buruh kebun, uang upah saya tidak seberapa. Ditambah saat ini kondisi Maya semakin memburuk dan tidak bisa saya tinggalkan untuk bekerja," ungkap Sari.

Baca JUGA: PT SUG Kembali Mempekerjakan Buruh Sukabumi, Lalu Bagaimana Soal Upah?

Sari berharap pemerintah dapat membantu kesembuhan anaknya dan meringankan bebannya. Ia pun mengatakan jika pihak Puskemas Lengkong dan Pemerintah Desa (Pemdes) Langkapjaya sudah mengunjunginya dan berjanji akan membantu proses penyembuhan Maya.

"Tadi pagi ada beberapa petugas yang menawarkan pembuatan Jamkesda, semoga saja benar dapat membantu biaya pengobatan Maya," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Mobil19 Maret 2024, 17:15 WIB

Mudik Lebaran Pake Mobil Pribadi? Ini 9 Hal yang Harus Disiapkan

Berikut ini beberapa persiapan mudik lebaran menggunakan mobil pribadi agar lancar di perjalanan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa persiapan mudik lebaran menggunakan mobil pribadi agar lancar di perjalanan (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sukabumi19 Maret 2024, 17:14 WIB

Pemkab Sukabumi dan ASITA Bahas Kolaborasi Kembangkan Pariwisata Daerah

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman meminta kolaborasi yang luar biasa ASITA terkait pengembangan pariwisata daerah.
Sekda Ade didampingi Plt Kadispar Jujun Juaeni saat menerima kunjungan jajaran DPC ASITA Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
KATA WARGANET19 Maret 2024, 17:04 WIB

KPID Sumut: Judicial Review Masa Jabatan KPI Demi Pembenahan Sistem Ketatanegaraan

Ketua KPID Sumatera Utara Anggia Ramadhan menegaskan permohonan judicial review ke Mahkamah Konstitusi ihwal perpanjangan masa jabatan KPI dari 3 tahun menjadi 5 tahun bukanlah ego sektoral yang bermotif ekonomi.
Ketua KPID Sumatera Utara Anggia Ramadhan | Foto : Ist
Musik19 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kita Bikin Romantis Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Intip Lirik Lagu Kita Bikin Romantis Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos dan Sering Dijadikan Backsound Video Bucin!
Video Klip Lagu Kita Bikin Romantis Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Sumber: YouTube/MALIQ & D'Essentials
DPRD Kab. Sukabumi19 Maret 2024, 16:41 WIB

DPRD Sukabumi Respon Protes Kerusakan Jalan Ruas Caringin-Cidahu: Kami Tidak Tinggal Diam

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Deni Gunawan mengungkapkan keprihatinannya terkait rusaknya sebagian besar jalan kabupaten yang berada di Ruas Jalan Caringin - Cidahu, Kecamatan Cidahu.
Protes jalan rusak ruas Caringin- Cidahu Kabupaten Sukabumi, warga tanam pohon dan pisang pampang gambar bertuliskan "Korban Janji" | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel19 Maret 2024, 16:30 WIB

Beban Pikiran Langsung Minggat, Sensasi Tidur di Tepi Sungai dan Lebatnya Hutan di Bogor

Wonderful Citamiang Bogor bisa dijadikan lokasi melepas penat saat akhir pekan tiba
Wonderful Citamiang Bogor bisa dijadikan lokasi melepas penat saat akhir pekan tiba (Sumber : Instagram/wonderfulcitamiang)
Sukabumi19 Maret 2024, 16:23 WIB

Sejumlah Remaja Di Ciracap Sukabumi Diamankan Polisi, Janjian Akan Perang Sarung

Kepolisian Sektor Ciracap Polres Sukabumi mengamankan 9 orang remaja diduga akan melakukan perang sarung di Kampung Jaringao, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi
Sejumlah remaja diamankan Polsek Ciracap diduga hendak melakukan perang sarung | Foto : Ragil Gilang
Life19 Maret 2024, 16:15 WIB

Ini 4 Contoh Penerapan Pola Asuh Otoritatif, Bunda Yuk Simak!

Orang Tua yang menerapkan pola asuh otoritatif berarti mereka mampu untuk berlaku bijak dan terbuka namun tetap tegas terhadap anak-anak.
Ilustrasi. Contoh penerapan pola asuh otoritatif. Sumber : Freepik/@freepik
Film19 Maret 2024, 16:00 WIB

Sinopsis dan 4 Fakta Menarik Drama Korea Beauty and Mr Romantic

Beauty and Mr. Romantic adalah drama yang cukup menarik untuk ditunggu oleh para penggemar drama Korea.
Beauty and Mr. Romantic adalah drama yang cukup menarik untuk ditunggu oleh para penggemar drama Korea. (Sumber : soompi.com).
Sehat19 Maret 2024, 15:30 WIB

Cara Mudah Mencegah Lonjakan Gula Darah, Coba Lakukan 8 Tips Ini di Rumah

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh dan penting diketahui penderita diabetes
Ilustrasi - Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh dan penting diketahui penderita diabetes (Sumber : Freepik/Lifestylememory)