Menu

Selasa, 12 Pebruari 2019, 22:39 WIB

Nelayan Ungkap Penyebab Hiu Paus Terdampar dan Mati di Pantai Palabuhanratu

Bangkai hiu paus yang terdampar saat akan di evakuasi ke tengah laut oleh anggota Satpol Air Polres Sukabumi bersama nelayan menggunakan perahu congkreng, Selasa (12/2/2019). | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Hiu paus ditemukan terdampar di pantai dekat Dermaga II Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/2/2019) sekitar pukul 08.00 WIB. Usai ditemukan, hiu paus tersebut kemudian dievakuasi oleh petugas satpol Air Polres Sukabumi bersama para nelayan menggunakan perahu congkreng.

BACA JUGA: Hiu Paus Terdampar di Pantai Dekat Dermaga Palabuhanratu

Nelayan asal Palabuhanratu, Asep Yadi (43 tahun) mengatakan hiu paus tersebut sama sekali tidak berbahaya dan tak jarang ditengah laut jadi teman para nelayan saat mencari ikan.

"Di daerah lain malah sudah jadi teman nelayan, terutama di Papua. Dikasih makan dan dijadikan objek atraksi wisata. Hiu paus ini sering saya temui di teluk Palabuhanratu saat melaut. Perlu disosialisasikan agar dilindungi dan dijadikan sahabat, ya biar akrab dan nantinya bisa dijadikan teman berwisata, terutama wisata bahari juga," ujar Asep kepada sukabumiupdate.com, Selasa (12/2/2019).

Asep mengaku tak mengetahui persis mengapa hewan dilindungi itu tiba-tiba terdampar dan mati di pantai dekat Dermaga II Palabuhanratu. Namun, berkaca dari pengalaman, lanjutnya, kebanyakan akibat disorientasi atau sakit, atau bahkan bisa saja karena memakan sampah plastik di laut.

"Untuk hiu paus yang tadi terdampar dan ditemukan dalam keadaan mati, enggak tahun persis penyebabnya. Tapi dari yang saya lihat dibelakang insang ada luka jebol seperti kena gigitan gitu," jelasnya.

BACA JUGA: Seekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Ujunggenteng Sukabumi

"Hiu paus berada di teluk hanya mampir saja biasanya. Untuk habitatnya di Teluk Palabuhanratu kalau banyak sih enggak, tapi saya pernah sekali lihat beberapa di perairan depan PLTU II Palabuhanratu. Kalau tidak salah pernah beberapa kali hiu jenis ini terdampar. Dulu pernah di Pantai Cibangban dan Pantai Ujung Genteng," pungkasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Penyebab terdamparnya hiu paus di pantai Palabuhanratu, diduga akibat terkena baling-baling kapal atau terbentur bangkai kapal. Sebab pada bagian belakang insang kanan terdapat luka sobek yang mengakibatkan hiu...

SUKABUMIUPDATE.com - Harga ikan laut di pasar ikan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, merangkak naik. Penyebabnya, pasokan ikan dari nelayan sedang mengalami penurunan karena pengaruh cuaca. Pedagang ikan, Herher (40 tahun) menyebutkan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Harga ikan laut di pasar ikan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada libur lebaran mengalami kenaikan. Ikan layur yang awalnya Rp 75 ribu menjadi Rp 100 ribu per kilogram....

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya