Menu

Selasa, 12 Pebruari 2019, 16:20 WIB

Hiu Paus Terdampar di Pantai Dekat Dermaga Palabuhanratu

Hiu Paus yang terdampar di pantai Dermaga Dua Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor hiu paus ditemukan terdampar di pantai dekat Dermaga II Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/2/2019). Binatang dengan nama latin Rhincodon Typus itu pertama kali ditemukan salah seorang nelayan, Aep Saepuloh (45 tahun) saat hendak memperbaiki perahu sekitar pukul 08.00 WIB.

"Saya waktu itu mau membetulkan perahu dekat Dermaga II. Begitu saya datang, ikan itu sudah ada, terdampar dan terombang-ambing kena deburan ombak," kata Aep kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Seekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Ujunggenteng Sukabumi

Aep saat itu juga langsung melaporkan penemuan ikan terdampar itu ke Satpol Air Polres Sukabumi untuk ditindaklanjuti. 

"Tadi juga langsung petugas dari Pol Air cek lokasi memastikan hewan itu mati atau tidak. Ternyata memang sudah mati," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Jaga Satpol Air Polres Sukabumi, Aipda Sutiadji mengatakan, setelah mendapat laporan dari nelayan, pihaknya bersama anggota Satpol Air lainnya langsung melakukan pengecekan ke lokasi.

"Hiu paus itu kan hewan dilindungi. Tadi itu ditemukan nelayan sekitar pukul 08.00 WIB sudah terdampar dalam keadaan sudah mati," kata Sutiadji.

BACA JUGA: Terdampar di Pantai Minajaya Sukabumi, Penyu Raksasa Diselamatkan Anak Nelayan

Sutiadji memperkirakan, berat hiu paus tersebut sekitar 300 kilogram, dan panjangnya lebih dari dua meter. Untuk penanganan selanjutnya, Sutiadji bersama nelayan sekitar mengembalikan hiu tersebut ke tengah laut.

"Ya tadi juga sudah dibawa lagi ke tengah laut, karena kalau di kubur di lokasi terdampar itu tidak memungkinkan. Tempatnya sempit, sementara ikan besar dan berat," pungkasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Penyebab terdamparnya hiu paus di pantai Palabuhanratu, diduga akibat terkena baling-baling kapal atau terbentur bangkai kapal. Sebab pada bagian belakang insang kanan terdapat luka sobek yang mengakibatkan hiu...

SUKABUMIUPDATE.com - Hiu paus ditemukan terdampar di pantai dekat Dermaga II Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/2/2019) sekitar pukul 08.00 WIB. Usai ditemukan, hiu paus tersebut kemudian dievakuasi oleh petugas...

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor hiu paus ditemukan terdampar di Pantai Palabuhanratu tak jauh dari Dermaga II Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu oleh nelayan, Selasa (12/2/2019). Namun hiu paus yang memiliki...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya