Menu

08 Peb 2019, 13:12 WIB

Hasil Pemilihan Anggota BPD Neglasari Sukabumi Dianulir Panitia, Warga Kesal

Sejumlah warga mendatangi kantor Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, untuk mempertanyakan alasan panitia yang menganulir hasil pemilihan salah satu anggota BPD, Jumat (8/2/2019). | Sumber Foto:Demmi Pratama

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga mendatangi kantor Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, untuk mempertanyakan alasan panitia yang menganulir hasil pemilihan salah satu anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang sebelumnya terpilih dari hasil pemilihan, Jumat (8/2/2019).

Ai Susi Yusrianti, terpilih menjadi anggota BPD Desa Neglasari dalam pemilihan yang digelar Minggu (20/1/2019) lalu. AI terpilih menjadi salah satu Anggota BPD dari 9 orang anggota BPD yang terpilih berdasarkan pemilihan 4 kedusunan.

BACA JUGA: Cidolog Sukabumi Sekarang Punya Kepala Desa Baru

Warga yang mengatasnamakan Aliansi Bela Ai ini menilai panitia pemilihan BPD yang sudah sepihak membatalkan hasil pemilihan BPD.

"Pihak panitia pemilihan BPD bersikeras, bahwa Ai ini tidak memenuhi syarat karena proses administrasi kependudukan, padahal saat itu proses pemindahan administrasi sudah bergulir meski memang tidak dapat ditempuh dari waktu yang sudah ditentukan," ungkap Rahmat Hidayat (39 tahun) juru bicara warga.

Rahmat menjelaskan jika sebenarnya surat keterangan domisili sudah dibuat sejak awal, dan pemilihan BPD pada tanggal 20 januari lalu memutuskan Ai sebagai anggota BPD terpilih dan manjadi keterwakilan perempuan terpilih.

"Padahal jika kita mau mengorek, pembentukan panitia pemilihan ini pun tidak mengacu pada Undang - Undang, karena pembentukannya pun tidak melibatkan BPD aktif dan seharusnya jika mengacu pada Perbup Pasal 103, bahwa penjaringan pemilihan, penjaringan anggota BPD dan pembentukan panitia ini harusnya dilakukan enam bulan sebelum masa jabatan BPD aktif selesai, " ungkap Rahmat.

BACA JUGA: Masa Bakti Berakhir, Jabatan Kepala Desa Mangunjaya Sukabumi Dipimpin Pjs

Rahmat mengatakan jika proses yang berlangsung tidak merujuk pada aturan yang berlaku, dan ia merasa ada perampasan keadilan.

"Proses pembentukan kepanitiaan ini hanya enam hari dibentuk dan enam hari dilaksanakan, sehingga menghasilkan produk seperti ini. Dan kami menyesalkan penganuliran Ai sebagai anggota BPD terpilih yang dilakukan sepihak," pungkas Rahmat.

Reporter : DEMMI PRATAMA
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com -  Banyak cara dalam meraih kesuksesan, salah satunya dengan membangun bisnis dari rumah. Namun, tentu untuk memulai usaha ini tak akan gampang, karena butuh tekad yang kuat agar berjalan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku prihatin dengan penundaan berturut-turut kualifikasi Piala Dunia 2022 yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. "Saya prihatin dan ini jelas merupakan masalah nyata, terutama jika...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kampanye mobil swakemudi alias autopilot sedang diuji. Seorang pria di Kanada dituntut di pengadilan karena diduga tertidur ketika menyetir mobil tesla dengan mode autopilot alias swakemudi. Dilansir dari...

SUKABUMIUPDATE.com -  Keringat malam, atau hiperhidrosis nokturnal, bisa sangat merepotkan — dan terlebih lagi jika Anda berbagi ranjang dengan seseorang. Terkadang solusi termudah untuk menghentikan keringat berlebih adalah dengan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya