//
Menu

16 Jan 2019, 09:53 WIB

Buntut PHK 70 Karyawan, Buruh Ontrog PT Semen Jawa Sukabumi

Aksi buruh di depan PT SCG atau PT Semen Jawa Sukabumi. | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah buruh yang tergabung dalam Federasi Kehutanan Industri Umum Perkayuan Pertanian dan Perkebunan, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (F Hukatan KSBSI) Kabupaten Sukabumi unjuk rasa (Unras) di halaman pabrik PT Siam Cement Group (SCG) atau Semen Jawa, Rabu(16/1/2019).

Para buruh memadati halaman dengan membawa spanduk berisi tulisan bernada kekesalan mereka terhadap pihak perusahaan. Beberapa perwakilan terlihat berorasi di atas mobil. Aksi tersebut mendapat pengamanan anggota Kepolisian Resort Sukabumi Kota. 

Dewan Pengurus Cabang (DPC F Hukatan KSBSI) Kabupaten Sukabumi, Nendar Supriatna, mengatakan aksi ini adalah tindak lanjut setelah adanya 70 karyawan yang diputus hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan outsourcing rekanan PT SCG.

"PHK secara sepihak kepada puluhan karyawan outsourcing terjadi pertanggal 2 Januari 2018," ujar Nendar.

Para buruh menyuarakan lima tuntutan. Diantaranya Deportasi Tenaga Kerja Asing yang menyalahi kewenangan, tindak tegas oknum manajemen PT Semen Jawa yang kebijakannya merugikan para buruh. 

BACA JUGA: Buntut PHK Sepihak, Buruh SCG Berencana Datangi Kedubes Thailand

"Pekerjakan kembali buruh yang di-PHK dan jalankan segala ketentuan yang diatur dalam Keputusan Menteri (Kepmen) No 100 tahun 2004 dan Permenaker No 19 Tahun 2012, serta hapuskan system instalment," bebernya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Jumlah petugas medis dan tenaga kesehatan di Indonesia yang wafat akiba Covid-19 tris bertambah. Bahkan - Dalam kurun waktu seminggu pertama bulan Desember 2020, angka kematian tenaga...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda Kampung Cipeusing RT 01/05 Desa dan Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, berinisiatif mendirikan Bank Sampah Cipeusing (BSC). Selain untuk memberikan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke Sungai...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengatakan, memasuki masa tenang pilkada serentak 2020 ini pihaknya akan melakukan pemusnahan surat suara yang rusak. Ferry menuturkan, format...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan alias OTT pejabat di Kementerian Sosial. "KPK telah melakukan tangkap tangan terhadap PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) pada Program Bansos Kemensos,"...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya