Light Dark

Kawasan Pantai Kabupaten Sukabumi Terus-terusan Diterjang Kabar Hoaks Tsunami

Sukabumi | 27 Dec 2018, 04:06 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan di pantai kawasan Palabuhanratu. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai yang berada di sepanjang wilayah selatan Kabupaten Sukabumi aman untuk dikunjungi wisatawan. Bencana tsunami yang menerjang di Selat Sunda, tak berdampak pada daerah pantai sepanjang kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Hanya saja memang masalah cuaca yang perlu diwaspadai.

"Perkembangan hari ini, Palabuhanratu masih amankan. Sekarang ini yang menjadi masalah itu cuaca, kalau isu tsunami di Sukabumi sudah selesai lah. Iklim di bulan Desember ini ombak memang pasti pasang," kata Dewan Pakar Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Dadang Hendar kepada sukabumiupdate.com, Rabu (26/12/2018).


Advertisement

Dadang memastikan semua kabar yang berkaitan dengan tsunami di kawasan pantai Kabupaten Sukabumi itu merupakan hoaks. Menurut dia, setelah tsunami Selat Sunda, banyak informasi tentang isu tsunami dan akan berdampak ke objek wisata pantai khususnya Palabuhanratu. Hal tersebut, kata Dadang, dipastikan hoaks karena Palabuhanratu sejauh ini masih aman.

Ia pun mengajak masyarakat agar tak percaya kabar yang tak jelas asal-usulnya itu.

"Ini yang di bikin heboh di media sosial. Nah ini yang harus kita tepis bersama-sama," ujarnya.


Advertisement

Menurut Dadang, wilayah pantai Palabuhanratu tetap aman ketika beberapa kali bencana tsunami besar seperti yang telah terjadi di Aceh, Sumatera dan Pangandaran. Kejadian itu menjadi sebuah jawaban bahwa Palabuhanratu aman dari tsunami sebab berada di daerah teluk.

BACA JUGA: Cerita Keluarga Asal Cidahu Sukabumi Selamat dari Tsunami, Air Surut Tersedot ke Lautan

Teluk, kata Dadang, selalu aman dari bencana tsunami. Dia mencontohkan seperti pada kejadian tsunami yang melanda Banten, Sabtu (22/12/2018) lalu. Pantai Tanjunglesung, Kabupaten Pandeglang menjadi salah satu lokasi terparah bencana tsunami sedangkan Pantai Carita tidak terlalu karena berada di teluk.

"Ini patut disosialisasikan kepada wisatawan dan harus disyukuri. Ini cara Allah menyelamatkan kita dari bencana tsunami, masyarakat harus percaya diri namun harus tetap waspada. Lain dengan Pantai Pangandaran yang berada di laut terbuka. Kalau Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini sebagian besar kira-kira dari delapan kecamatan itu, enam kecamatan adanya di teluk dalam jadi sangat amanlah," jelasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI

Reporter