Menu

03 Des 2018, 10:12 WIB

Keluar dari Tol Bocimi, Pengendara Banyak yang Bingung Cari Arah Sukabumi

Kondisi arus lalu lintas keluar masuk kendaraan menuju Gerbang Tol Cigombong, nampak tak ada rambu penunjuk arah ke Sukabumi dan Bogor di pertigaan antara gerbang tol dan jalan nasional Sukabumi-Bogor. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto

SUKABUMIUPDATE.com - Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong dibuka untuk kendaraan pada Minggu (2/12/2018) tepat pukul 14.00 WIB. Tol Bocimi Seksi I yang memiliki panjang 15,35 km ini diresmikan Presiden Jokowi pada Sabtu (1/12/2018).

Pantauan sukabumiupdate.com, pada hari kedua dibukanya tol tersebut, Senin (3/12/2018) kendaraan yang masuk dan keluar dari Gerbang Tol (GT) Cigombong cukup padat.

Hanya saja, banyak pengendara yang kebingungan ketika keluar dari tol sebab minimnya rambu penunjuk arah.

"Pak yang mau ke arah Sukabumi lewat mana," tanya Rony Kustawan (45 tahun) pengendara asal Jakarta.

Menurut dia, tol bocimi ini masih baru maka dari itu semestinya di pertigaan antara gerbang tol dan jalan nasional Sukabumi-Bogor dipasang rambu penunjuk arah yang lengkap.

"Coba kalau dipertigaan sini ada petunjuk arah ke Sukabumi dan ke Bogor pengendara tidak bingung dan bisa langsung ke arah yang dituju," jelasnya.

Pengendara lainnya, Rahmat Wijaya (50 tahun) mengungkapkan hal serupa.

"Ini hanya arah panah yang ada sehingga pengendara seperti saya sempat bingung," ujarnya.

BACA JUGA: Dampingi Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi I, Dewi Asmara Berharap Tarifnya Tidak Mahal

Rahmat sangat merasakan dampak dari jalan tol Bocimi ini. Menurut dia, dari Ciawi menuju gerbang tol Cigombong hanya sekitar 20 menit saja sedangkan kalau melalui jalan nasional, dari Ciawi sampai Cigombong bisa satu jam lebih.

"Di dalam ruas jalan tol Bocimi cukup bagus dan masih gratis, mudah-mudahan gratisnya bisa lama. Saya dari Jakarta menuju Sukabumi," ujarnya.

Sementara itu, PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan, jalan tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong di buka untuk kendaran pada Minggu (2/12/2018) tepat pada pukul 14.00 WIB dan digratiskan selama satu minggu. Hal ini disampaikan PT Waskita Karya dalam akun instagramnya @waskita_karya.

"Dengan telah diresmikanya jalan tol Ciawi-Sukabumi segmen CIAWI-CIGOMBONG sepanjang 15 km, maka karena alasan teknis-operasional, ruas tol akan mulai dibuka untuk kendaraan terhitung pada hari ini Minggu, 2 Desember 2018 pukul 14.00 ."

BACA JUGA: Beragam Tanggapan Warga Sukabumi soal Diresmikan Tol Bocimi Seksi I

"Selama masa uji coba dalam 1 minggu ke depan, jalan tol akan dioperasikan tanpa tarif (tarif Rp 0,-). Kepada para pengguna tetap menggunakan kartu toll elektronik ."

Masih dalam akun @waskita_karya, tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong memiliki 3 Gerbang Tol (GT), yakni GT Ciawi Selatan, GT Caringin dan GT Cigombong.

Panjang keseluruhan jalan tol Bocimi adalah 54 km dan terbagi dalam empat Seksi. Dari empat Seksi tersebut, baru Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 13,35, yang telah diresmikan, dengan demikian ada tiga Seksi lagi yang harus diselesaikan yaitu, Seksi II Cigombong-Cibadak 11,90 km, Seksi III Cibadak- Sukabumi Barat 13,70 km dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 km.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Masa depan bek Bayern Munich David Alaba di klub juara Eropa ini masih belum jelas setelah pembicaraan kontraknya selama berbulan-bulan tak kunjung mencapai kemajuan ke arah kontrak...

SUKABUMIUPDATE.com - Netflix pada pekan ini mengumumkan telah menaikkan harga berlangganannya di Amerika Serikat, demikian diwartakan sejumlah media seperti Digital Trends dan CNBC. Melansir Suara.com, untuk paket standar, harga Netflix...

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak ada yang lebih memuaskan daripada duduk untuk makan malam yang sehat setelah hari yang panjang dan sibuk. Tapi tentu saja, jadwal kita yang kacau dan tidak konsisten...

SUKABUMIUPDATE.com - Bekas bos Google, Eric Schmidt, mengatakan bahwa media sosial kini telah berubah menjadi platform yang menyebarkan gagasan orang-orang gila dan bodoh. Hal ini telah menyimpang dari tujuan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya