Menu

30 Agu 2018, 19:54 WIB

Sebanyak 2.000 Terumbu Karang Ditanam di Perairan Ujunggenteng Sukabumi

Proses penanaman terumbu karang di Perairan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Sumber Daya Alam Laut dan Perikanan Ujunggenteng, bersama anggota Pos Pengamatan TNI AL, melakukan penanaman subratsi bibit terumbu karang di perairan Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis 30 Agustus. Selama 2018, tak kurang dari 2.000 terumbu karang ditanam di sekitar perairan tersebut.

Komandan Posmat TNI AL Ujunggenteng, Pelda Sopian, mengatakan ada 300 subtratsi bibit terumbu karang yang ditanam hari ini. Penanaman juga melibatkan siswa SMK Bina Bahari.

Penanaman dilakukan di kedalaman 6 meter, sekitar 300 meter dari bibir pantai. Penanaman terumbu karang tersebut bukan kali pertama.

BACA JUGA: Aksi Penanaman Terumbu Karang di Ujunggenteng Sukabumi

"Ini sebagai bentuk kepedulian dari Pokmaswas, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, dan juga para siswa," tutur Sopian.

Sementara itu, anggota Pokmaswas, Nana Septiansyah, mengatakan selama 2018 pihaknya sudah enam kali melakukan transplantasi terumbu karang di perairan  Ujunggenteng.

BACA JUGA: 9 Ribu Terumbu Karang Ditanam di Ujunggenteng Sukabumi

"Tak kurang dari 2.000 subtratsi yang sudah ditanam. Terumbu karang yang ditransplantasi adalah jenis Akrofora," jelas Nana.

"Subtratsi merupakan media tanam terumbu karang yang terbuat dari semen dan pasir. Kemudian dicetak pakai besi ukuran 25 x 25 sentimeter, lalau pakai paralon yang diisi coran semen fungsinya sebagai pengikat terumbu karang," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari suara.com, pandemi virus corona memang tidak hanya membuat orang terinfeksi Covid-19. Tapi juga membuat pasien penyakit lainnya mestir menunda pengobatannya. Selama lebih dari dua bulan sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Selama lebih dari dua bulan di rumah saja, setiap orang tentu mengalami perubahan dari segi kegiatan. Dilansir dari tempo.co, beberapa di antaranya mungkin melakukan dengan berlebihan, namun...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Cianjur tercatat dalam daftar 15 kota/kabupaten di Jawa Barat yang termasuk level 2 atau zona biru pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar...

SUKABUMIUPDATE.com - Masjid Al-Aqsa akan dibuka kembali pada Minggu (31/5) mendatang setelah ditutup selama dua bulan untuk menekan sebaran virus corona. "Semua pintu (kompleks) Masjid Al Aqsa akan dibuka saat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya