Menu

03 Jun 2018, 14:01 WIB

Ribuan Ton Sampah Kotori Pantai Loji Sukabumi

Sebuah alat berat dikerahkan untuk membersihkan sampah yang mengotori pantai Loji, Kecamatan Simpenan. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Tumpukan sampah di pantai loji, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi diperkirakan mencapai ribuan ton.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Perkimsih, Pemkab Sukabumi, Denis Eriska menuturkan, ketebalan sampah yang hampir menutupi seluruh luas pantai Loji sekitar 5 Cm.  Maka dari itu, upaya untuk membersihkan pantai ini membutuhkan waktu satu bulan lebih.

"Dari pengamatan dilapangan ketebalan sampah saja sampai 5 Cm lah," ujar Denis kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/6/2018).

BACA JUGA:  Butuh Satu Bulan Lebih untuk Bersihkan Sampah di Pantai Loji Sukabumi

Denis menuturkan sampah-sampah tersebut merupakan kiriman dari hulu sungai Cimandiri yang terbawa aliran arus sungai kemudian terbawa ke laut dan kembali lagi ke pantai.

"Lagi-lagi permasalahan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah ke sungai padahal kita sudah sosialisasi ke pelosok-pelosok kampung soal kebersihan," Jelas Denis.

Adapun langkah kedepan soal penanganan sampah di pantai loji, kata Denis diserahkan sepenuhnya kepada pihak Kecamatan Simpenan, Pemerintah Desa Loji serta elemen masyarakat yang peduli dengan lingkungan.

Sebab pantai Loji yang masuk kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

BACA JUGA: Ihhh...Pantai Loji Sukabumi Dipenuhi Sampah

"Tadi sudah kita bicarakan ke depan ini menjadi tanggung bersama, terutama pengelola pantai loji ini karena sekarang sudah menjadi kawasan Geopark," pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Perkimsih Kabupaten Sukabumi bersama sejumlah pihak berupaya membersihkan sampah yang mengotori pantai Loji. Upaya membersihkan sampah di lokasi ini bakal memakan waktu hingga satu bulan lebih karena sampahnya hampir menutupi seluruh luas pantai Loji.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Yosi Dwi Ananda Putri, Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Biologi Universitas Pakuan, tengah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) tematik mengenai COVID-19 di Desa Kalapanunggal,...

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pelanggaran pembatasan kerumunan seperit yang belum lama terjadi gara-gara pentas dangdut Rhoma Irama di Pamijahan, Kabupaten Bogor, dengan mengabaikan protokol kesehatan...

SUKABUMIUPDATE.com - DPC PPP Kabupaten Cianjur resmi mengusung pasangan Herman Suherman dan Tb Mulyana Syahrudin dalam Pilkada Kabupaten Cianjur 2020. Kepastian tersebut ditandai dengan keluarnya rekomendasi dari DPP PPP...

SUKABUMIUPDATE.com – Bagi traveler atau wisatawan yang ingin mengisi weekend dengan melancong ke pantai di Selatan Kabupaten Sukabumi, ada baiknya cek dulu prakiraan cuaca Palabuhanratu dan sekitarnya. Prakirawan Badan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya