Menu

18 Okt 2020, 06:40 WIB

Disdik Sukabumi Fasilitasi Dodo Kembali Sekolah, Bocah Peluk Jenazah Ibu Seorang Diri

Sanridho Sutopal atau Dodo. | Sumber Foto:CRP 8

SUKABUMIUPDATE.com - Kisah haru dari sosok Sanridho Sutopal atau Dodo yang memeluk dan menemani jenazah ibunya Shinta Setiawati (39 tahun) seorang diri, mendapat perhatian dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, saat ini Dodo belum bisa melanjutkan sekolahnya lagi setelah ditinggal pergi sang ibu.

Bocah laki-laki berusia 9 tahun itu sebelumnya viral karena videonya menemani jenazah ibunda di kamar kontrakan yang berada di Provinsi Bangka Belitung beredar di aplikasi Tiktok.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Muhamad Solihin mengatakan, pihaknya akan mendatangi Dodo di kediaman keluarganya yang berada di Kampung Sukaraja (Kampung Inggris) RT 03/17, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

"Untuk itu hari Minggu sudah kami instruksikan Kepala Bidang SD untuk berkunjung ke rumah keluarganya, sekalian untuk memfasilitasi masuk sekolah lagi di SD terdekat dengan tempat tinggalnya," kata Solihin kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (17/10/2020).

BACA JUGA: Mengunjungi Dodo di Sukaraja Sukabumi, Bocah Viral Temani Jenazah Ibunya Seorang Diri

"Permasalahan yang berkaitan dengan administrasi akan kami urus kemudian, termasuk kebutuhan awal masuk sekolah," ucap Solihin menambahkan.

Solihin berujar, pendidikan merupakan kebutuhan primer bagi semua masyarakat, khususnya untuk setiap anak di mana mereka berhak untuk mendapatkan pendidikan. Tidak terkecuali dengan anak yang kurang beruntung secara apapun.

"Berkaitan dengan Dodo karena masih usia sekolah, bagaimana pun Dodo harus bersekolah lagi," tuturnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuaan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi, Yani Jatnika Marwan ikut menanggapi kisah Dodo yang menjadi buah bibir di masyarakat.

BACA JUGA: Sulit Kontrol Emosi, Begini Kondisi Dodo di Sukabumi Setelah Viral Peluk Jenazah Ibunya

"Jujur saya baru tahu setelah konfirmasi ke Pak Camat. Alhamdulillah anaknya sekarang berada di bawah asuhan saudaranya. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu kepulangan Dodo dari Bangka Belitung ke Sukabumi. InsyaAllah pihak kecamatan akan memonitor perkembangannya dan akan disekolahkan," ungkap Yani.

"InsyaAllah nanti saya koordinasi dengan Kasie PAUD Dikmas. Anaknya kebetulan ABK (anak berkebutuhan khusus)," sambungnya mengakhiri.

Sebelumnya diberitakan, Dodo dan ibunya tinggal di Provinsi Bangka Belitung. Setelah ibunya meninggal dunia, Dodo sempat dirawat oleh teman ibunya sebelum akhirnya dipulangkan ke Sukabumi oleh Dinas Sosial Bangka Belitung, Selasa (13/10/2020).

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Reporter : KOKO MUHAMMAD
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan akan melakukan pemeriksaan kelengkapan data dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS. Pada Minggu 1 November 2020, peserta...

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil seleksi penerimaan CPNS 2019 akhirnya resmi diumumkan serentak pada, Jumat, 30 Oktober 2020. Dari kuota 254.173 orang yang dibuka sejak awal, tidak semuanya berhasil terisi. "Ada beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya