//
Menu

29 Sep 2020, 15:00 WIB

Banyak Bangunan Rusak Akibat Banjir Bandang Sukabumi, Pemkab Prioritas ke Infrastruktur

Pemerintah Kabupaten Sukabumi tengah berunding di Posko Tanggap Bencana Banjir Bandang Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (29/9/2020). | Sumber Foto: Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Pjs Bupati Sukabumi, Raden Gani Muhamad mendatangi lokasi banjir bandang Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (29/9/2020). 

Dalam kunjungan itu, Gani berencana memperpanjang masa kerja untuk memperbaiki infrastruktur dan bangunan yang terdampak banjir bandang ini. 

"Rencana setelah tanggap bencana ini kita akan mengevaluasi semua kita akan coba memperpanjang masa kerja transisi untuk recovery, karena setelah dicek lapangan banyak fasilitas yang harus segera diperbaiki," ujar Gani kepada sukabumiupdate.com, di lokasi.

BACA JUGA: Tinjau Lokasi Banjir Bandang Sukabumi, Pjs Bupati Bicara Mitigasi Bencana

Gani mengatakan, dalam masa pasca darurat bencana ini ia meminta semua instansi terkait dan relawan agar mengarahkan bantuan yang masuk sesuai kebutuhan, sehingga tidak tumpang-tindih. 

Lebih lanjut, Gani menjelaskan saat ini yang menjadi fokusnya adalah perbaikan rumah, pipanisasi dan pembangunan kembali jembatan. "Semua akses sudah terbuka. Itu yang utama supaya mobilitas bisa jalan dengan baik," terangnya.

Ia menyebut, Pemkab Sukabumi dalam APBD perubahan akan menggelontorkan dana untuk pemulihan wilayah terdampak ini. Meski demikian, perlu pengecekan lebih lanjut.

BACA JUGA: Myalgia Paling Banyak, Keluhan Kesehatan Korban Banjir Bandang di Cibuntu Sukabumi

"Kami akan cek dulu untuk menggelontorkan dana. Karena APBD perubahan apa bisa masuk BTT (Biaya Tak Terduga) untuk bencana. Tapi yang namanya bencana biasanya Pemda ada BTT," terangnya.

Gani menegaskan, saat ini yang menjadi prioritas utama adalah bangunan yang dapat dicover menggunakan APBD melalui instansi terkait. "Pokonya kita punya konsen, dengan jajaran pak Sekda dan dinas terkait akan bergerak sesuai dengan tugas pokok masing-masing soal bencana ini," tandasnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengatakan, memasuki masa tenang pilkada serentak 2020 ini pihaknya akan melakukan pemusnahan surat suara yang rusak. Ferry menuturkan, format...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan alias OTT pejabat di Kementerian Sosial. "KPK telah melakukan tangkap tangan terhadap PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) pada Program Bansos Kemensos,"...

  SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi mengkonfirmasi adanya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang reaktif berdasarkan hasil rapid test yang difasilitasi KPU. "Petugas KPPS difasilitasi oleh KPU...

SUKABUMIUPDATE.com - Pelayanan di Puskesmas Cikidang Kabupaten Sukabumi sementara ini dibatasi dengan melakukan pengurangan jam operasional. Hal itu menyusul ditemukannya pegawai puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19. "Pelayanan gak ditutup ya,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya