Menu

29 Mei 2020, 19:29 WIB

PSBB Kota Sukabumi Dicabut dan Bersiap New Normal, Sekolah Masih di Rumah

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memantau salah satu pusat perbelanjaan di Kota Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa/Humas Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Sukabumi akan segera menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) alias New Normal. Sebab, berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Sukabumi masuk ke level 2 atau warna biru.

"Pak Gubernur sudah menyampaikan hasil evaluasinya untuk seluruh kota dan kabupaten se-Jawa Barat. Untuk daerah yang telah masuk dalam level 2 warna biru, dipersilahkan melaksanakan new normal atau AKB," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, usai mengikuti Video Conference bersama Gubernur Jawa Barat, Jumat (29/5/2020) di Balai Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Pesan Kematian Dari Jalanan Kota Sukabumi, Jangan Cuek Corona Masih Mengancam

Fahmi menjelaskan, skenario dalam penerapan AKB tersebut tetap menekankan adanya pembatasan. Tetapi, sektor ekonomi sudah mulai dapat bergerak.

"Ekonomi boleh bergerak, aktivitas juga boleh bergerak, tetapi tetap ada pembatasan-pembatasan, contohnya toko-toko mereka boleh bergerak tapi ada pembatasan waktu. Kemudian dari jumlah kapasitas toko atau supermarket yang awalnya 100, kini dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas yang ada. Intinya adalah bagaimana roda ekonomi bisa berjalan di masa pandemi Covid-19 ini," jelas Fahmi.

BACA JUGA: Jabar Tunda New Normal? Kota dan Kabupaten Sukabumi Perpanjang PSBB Hingga 12 Juni

Terkait kapan penerapan AKB tersebut dimulai, Fahmi menyebut penerapannya disesuaikan dengan karakeristik masing-masing daerah. Fahmi juga mengungkapkan, angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 di Kota Sukabumi berada di 0,68. Artinya, angka tersebut menunjukkan pertumbuhan dan penyebaran Covid-19 semakin ditekan.

"Diharapkan secepatnya, karena ada yang perlu melakukan sosialisasi dulu, edukasi kepada warga," tambah Fahmi.

BACA JUGA: Kota Sukabumi Siap Terapkan Era New Normal, Fahmi: Tunggu Juklak Juknis

Fahmi menuturkan, kendati Kota Sukabumi bersiap menerapkan AKB, aktivitas pendidikan tetap akan dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Hal itu akan dilakukan hingga Kota Sukabumi memasuki level 1 atau warna hijau. "Pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jawab Barat Ridwan Kamil menyatakan, penerapan AKB bisa dimulai pada 1 Juni 2020 mendatang. "Tapi tidak berarti semuanya harus mulai Senin, silahkan yang lebih dulu siap," pungkas Fahmi.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Teh hijau merupakan salah satu minuman paling sehat yang disediakan alam. Selain mendetoksifikasi, teh ini juga bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya...

SUKABUMIUPDATE.com - Sesosok mayat laki laki ditemukan di pesisir Pantai Cikeluwung, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (10/7/2020).  Menurut Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciracap Dadang Priatna, mayat tersebut...

SUKABUMIUPDATE.com - Wajar jika Anda sesekali merasa cemburu terhadap pasangan. Tapii jika berlebihan akan menyebabkan konflik dan memperburuk hubungan dengan pasangan. Bahkan bisa membuat pasangan kehilangan banyak momen bahagia. Mengutip...

SUKABUMIUPDATE.com - Mengatur duit saat kondisi sulit akibat pandemi Covid-19 tentu bukanlah hal yang mudah. Pandemi ini telah menimbulkan krisis finansial bagi sebagian besar orang. Di Indonesia, lebih dari...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya