Menu

14 Jan 2020, 16:16 WIB

Dewan Batman Prioritaskan Jalur Evakuasi Tsunami di Sukabumi Selatan

Reses pertama anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Ujang Abdurohim Rochmi (Dewan Batman) di aula kantor Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:RAGIL GILANG

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar, Ujang Abdurohim Rochmi mengatakan warga di wilayah Sukabumi Selatan mengusulkan pembenahan jalan jalur evakuasi Tsunami.   

BACA JUGA: Reses di Dua Desa, Paoji: Warga Soroti BPNT dan Rutilahu di Sukabumi

Hal itu sampaikan Ujang Abdurohim Rochmi usai reses pertama tahun anggaran 2020, di aula Kantor Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/1/2020).

Pria yang akrab disapa Dewan Batman ini menjelaskan, jalur evakuasi Tsunami menjadi kebutuhan bersama mengingat wilayah Sukabumi Selatan terdapat tiga kecamatan yang berhadapan langsung dengan bibir pantai. Diantaranya Kecamatan Ciemas, Kecamatan Ciracap dan Kecamatan Tegalbuleud, termasuk di dalamnya beberapa desa yang hamparannya pesisir pantai.

"Maka penting pemerintah untuk mulai membenahi infrastruktur  jalur evakuasi Tsunami yang aman dan nyaman, sebagai antisipasi akan terjadinya bencana. Bukan berarti mengharapkan ada bencana, namun menjaga kemungkinan yang akan terjadi dan itu harus dipersiapkan dari awal," ujar Dewan Batman kepada sukabumiupdate.com.

Selain akses jalan menuju tempat evakuasi Tsunami yang aman dan nyaman, sambung dia, tentunya harus dilengkapi dengan shelter yang didukung sarana kesehatan dan pendidikan. "Ini yang akan menjadi prioritas bagi kami untuk segera disampaikan kepada Bupati Sukabumi, karena jalur evakuasi Tsunami juga bisa dimanfaatkan sebagai akses pertanian," terangnya.

Ia juga menegaskan akan secepatnya dibahas dengan dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim), dan BPBD Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Hasil Reses Budi Azhar di Sagaranten Sukabumi jadi Masukan RKPD Online 2021

"Mudah-mudahan tahun ini juga sudah mulai ada pembenahan di tiga kecamatan tadi, soalnya keluhan warga Kampung Cilopang Desa Cibitung, mengenai jembatan yang belum juga terselesaikan sudah disampaikan kepada dinas terkait, dan 2020 akan segera dituntaskan," imbuhnya.

Selain pembenahan jalur evakuasi Tsunami, tambah Dewan Batman ada berbagai usulan masyarakat mulai dari bidang pertanian, bendungan irigasi, P3K, pendidikan formal dan non formal, bidang agama, penataan lapangan olahraga, infrastruktur jalan, dan masalah jaringan internet.

"Beberapa usulan akan kami masukan dalam RKPD Online. Adapun untuk bendungan irigasi harus ada survei dahulu untuk masalah sumber airnya, sedangkan infrastruktur jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Ciracap ada yang sudah dilaksanakan, dan sisanya mudah mudahan tahun ini 2020. Usulan dan keinginan masyarakat hari ini tentunya akan kami perjuangkan pada anggaran 2021," tandasnya. 

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Politikus Partai Demokrat, Roy Suryo, menduga sejarah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Wikipedia telah diubah atau disunting oleh Sunda Empire. Dugaan itu didapat setelah Roy menelusuri alamat...

Oleh: Laras Retiana Vitanti | Mahasiswa Universitas Nusa Putra, Prodi Manajemen Siapa yang tak ingin punya rumah atau rumah baru? Hampir semua orang menginginkannya, terutama anda yang saat ini belum...

SUKABUMIUPDATE.com  - Merebaknya virus Corona membuat Kementerian Perhubungan melarang maskapai penerbangan Indonesia terbang dari dan menuju Wuhan, Cina. Dari pantauan di lapangan, Menteri Perhubungan Budi Karya menyebut larangan ini...

SUKABUMIUPDATE.com - Buntut bentrok dua kelompok ormas di Jalan Raya Sukabumi - Cianjur, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, polisi langsung memperketat pengamanan di sejumlah titik, Jumat (24/1/2020) malam. BACA JUGA: BPPKB Banten...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya