Menu

Kamis, 21 November 2019, 14:00 WIB

Dinas Perkim Sukabumi Segera Bangun Gerbang Geopark, Cek Lokasinya

Curug Cikanteh yang berada di dalam kawasan hutan Cikanteh di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang.

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman, mengatakan dalam waktu dekat ini akan membangun Gapura Geopark Ciletuh. Pembangunan itu ditargetkan rampung sebelum masuk tahun baru 2020.

Menurut Dedi, rencana pembangunan gapura geopark tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Geopark Internasional. Bahwa salah satu yang harus dilakukan pemda Sukabumi adalah membangun gapura.

BACA JUGA: Disperkim Berencana Percantik Alun-alun Palabuharatu Kabupaten Sukabumi

"Lokasi sementara ini sedang dikaji dan ditentukan oleh kebijakan pimpinan," kata Dedi kepada sukabumiupdate.com, Kamis (21/11/2019.

Ada dua gapura yang akan dibangun, kata Dedi, pertama gapura yang berada digerbang induk atau area masuk Palabuhanratu. Titik kedua rencananya di perbatasan antara Kecamatan Waluran dengan Kecamatan Ciemas.

"Dua titik utama dan pendukung. Konsepnya sudah ada tinggal share ke publik, sehingga bisa direspon oleh masyarakat dan barangkali ada penyempurnaan," paparnya.

BACA JUGA: Disperkim Kabupaten Sukabumi Bakal Garap Taman Kota Tenjo Resmi

Gapura atau gerbang itu, sambung Dedi, akan dijadikan salah satu icon juga tetapi sesuai yang sepakati. Tema yang diangkat, lanjut dia, mengangkat kearifan lokal di dalamnya menyangkut kewilayahan.

"Temanya mengangkat Leuit, karena banyak filosofinya termasuk mengangkat destinasi di kita yaitu kasepuhan Sirnasari yang indentik dengan leuit. Anggarannya dari forum CSR, karena jika menggunakan APBD dianggarkan 2020. Besarannya di forum CSR," tandasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Berikut daftar perolehan medali sementara SEA Games 2019 hingga Jumat (7/12) Peringkat Negara Emas Perak Perunggu Total 1 Filipina 72 55 50 177 2 INDONESIA 40 41 48 129 3 Vietnam...

SUKABUMIUPDATE.com - Iwan Setiawan (36 tahun) warga Kampung Ciporeang RT 06/06 Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas bunuh diri, Jumat (6/12/2019). Duda anak satu tersebut mengakhiri hidupnya...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi Ace Herlina mengaku prihatin atas terjadinya sekolah ambruk di Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya, salah satu atap kelas SDN Cikaramat, Desa Cihaur, Kecamatan...

SUKABUMIUPDATE.com - Berlibur ke pantai di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi tak cukup menikmati keindahan alamnya saja karena wisatawan juga wajib mencicipi olahan masakan laut atau sea food. Ketika berwisata ke...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya