Menu

21 Nov 2019, 14:00 WIB

Dinas Perkim Sukabumi Segera Bangun Gerbang Geopark, Cek Lokasinya

Curug Cikanteh yang berada di dalam kawasan hutan Cikanteh di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang.

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman, mengatakan dalam waktu dekat ini akan membangun Gapura Geopark Ciletuh. Pembangunan itu ditargetkan rampung sebelum masuk tahun baru 2020.

Menurut Dedi, rencana pembangunan gapura geopark tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Geopark Internasional. Bahwa salah satu yang harus dilakukan pemda Sukabumi adalah membangun gapura.

BACA JUGA: Disperkim Berencana Percantik Alun-alun Palabuharatu Kabupaten Sukabumi

"Lokasi sementara ini sedang dikaji dan ditentukan oleh kebijakan pimpinan," kata Dedi kepada sukabumiupdate.com, Kamis (21/11/2019.

Ada dua gapura yang akan dibangun, kata Dedi, pertama gapura yang berada digerbang induk atau area masuk Palabuhanratu. Titik kedua rencananya di perbatasan antara Kecamatan Waluran dengan Kecamatan Ciemas.

"Dua titik utama dan pendukung. Konsepnya sudah ada tinggal share ke publik, sehingga bisa direspon oleh masyarakat dan barangkali ada penyempurnaan," paparnya.

BACA JUGA: Disperkim Kabupaten Sukabumi Bakal Garap Taman Kota Tenjo Resmi

Gapura atau gerbang itu, sambung Dedi, akan dijadikan salah satu icon juga tetapi sesuai yang sepakati. Tema yang diangkat, lanjut dia, mengangkat kearifan lokal di dalamnya menyangkut kewilayahan.

"Temanya mengangkat Leuit, karena banyak filosofinya termasuk mengangkat destinasi di kita yaitu kasepuhan Sirnasari yang indentik dengan leuit. Anggarannya dari forum CSR, karena jika menggunakan APBD dianggarkan 2020. Besarannya di forum CSR," tandasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti membutuhkan pemain bermental baja untuk berlaga di Piala Asia U-16 2020. "Pemain yang saya inginkan adalah pemain bermental baja," ujar Bima seperti...

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan, bersama Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyambangi Koperasi Industri Kerajinan Rakyat (Kopinkra)...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang kuli bangunan digebuki polisi di sel tahanan Polsek Percut Sei Tuan, Polres Deli Serdang, Sumatera Utara. Dia mengaku diperlakukan seperti binatang dengan digebuki dan diinjak-injak. Kuli bangunan...

SUKABUMIUPDATE.com - Masitoh (59 tahun ) janda asal Kampung Segel RT 18/05 Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi mengaku tak bisa perbaiki rumah yang nyaris roboh. Ia mengaku mengandalkan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya