Menu

Sabtu, 18 Mei 2019, 07:22 WIB

Tabungan Bank Sampah Insani Mandiri Di Sukabumi Cair, Anggota Dapat Uang dan Bingkisan Lebaran

Pencairan uang tabungan Bank Sampah Insani Mandiri kepada anggotanya, turut dihadiri Kabid Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jumat (17/5/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pengelola Bank Sampah Insani Mandiri di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, membagikan uang tunai hasil tabungan sampah kepada 40 anggotanya. Para anggota bank sampah tersebut sebelumnya telah mengumpulkan sampah jenis an-organik selama satu tahun ini.

BACA JUGA: DLH Kabupaten Sukabumi, Targetkan Pengurangan Sampah Hingga 30 Persen

"Anggota kami menabung dengan cara mengumpulkan sampah jenis an-organik seperti plastik, kardus dan lain-lainnya. Sampah tersebut ditimbang lalu dicatat oleh pengelola bank sampah di buku tabungan mereka. Tabungan ini kami bagikan ke seluruh anggota selama satu tahun sekali," ujar Pengelola Bank Sampah Insani Mandiri, Nani Mardiani, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (17/5/2019).

Nani menyebut, 40 orang anggota Bank Sampah Insani Mandiri tersebut terdiri dari warga  dua RW  yang ada di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.  Selama satu tahun, mereka menabung atau mengumpulkan sampah yang hasilnya jika diuangkan, mereka bisa mendapatkan uang paling besar sebanyak Rp 650 ribu.

"Uang hasil tabungan sampah dari semua anggota itu nilainya bervariatif. Tahun ini paling besar Rp 650 ribu. Kami harap, ke depannya akan semakin banyak lagi warga yang ikut terlibat menjadi anggota bank sampah, umumnya di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi," imbuhnya.

BACA JUGA: Selain Bank Sampah, DLH Siapkan Trik Khusus Tangani Sampah di Pantai Loji Sukabumi

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, menambahkan, kehadiran kelompok bank sampah dapat mengurangi beban pengangkutan sampah dan pengelolaan sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir Sementara (TPAS).

"Bank sampah ini juga bisa menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat di sekitarnya. Kami apresiasi kehadiran Bank Sampah Insani Mandiri ini yang sudah memiliki banyak anggota. Mereka diwajibkan memilah sampah an-organik lalu ditabung di pengelola bank sampah," ungkap Denis.

Lanjutnya, selain pembagian tabungan bank sampah, seluruh anggota Bank Sampah Insani Mandiri juga mendapatkan bingkisan lebaran, sekaligus dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan santunan kepada anak yatim yang ada di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

"Diharapkan akan semakin banyak warga masyarakat yang ikut terlibat menjadi anggota bank sampah, umum nya di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi. Alhamdulillah, dari data sementara, ada sebanyak 34 bank sampah aktif di Kabupaten Sukabumi ini. Mudah-mudahan ke depannya akan makin bertambah," pungkasnya.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : MUHAMMAD GUMILANG
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi memberikan apreasiasi tinggi kepada warga Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak yang mampu mengelolah sampah dengan konsep bank sampah. Warga tak hanya ikut...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya