Menu

08 Mei 2019, 03:00 WIB

Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi Dibiayai APBD, Tiap Desa Dapat Hibah Rp 80 Juta

Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMIUPDATE.com - Tahun ini, 240 desa di Kabupaten Sukabumi akan menggelar Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades secara serentak. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi menargetkan pelaksanaan di bulan November 2019.

Usai Idul Fitri mendatang, DPMD yang ditunjuk sebagai panitia pelaksana tingkat kabupaten akan menuntaskan tahap persiapan. Sejurus kemudian, baru akan dibentuk panitia lokal tingkat desa.

BACA JUGA: Tahun Ini Kabupaten Sukabumi Gelar Pilkades Serentak, Habis Lebaran Pendaftaran

Kepala Bidang Administrasi Pemerintah Desa (Adpemdes) DPMD Kabupaten Sukabumi, Dedi Kusnadi menjelaskan, tahapan Pilkades Serentak se-Kabupaten Sukabumi tahun ini dibiayai oleh APBD, sehingga setiap tahap pelaksanaannya tidak dipungut biaya. Pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi apabila ada panitia yang memungut biaya pada pendaftaran calon kepala desa nanti.

"Kami akan beri sanksi administrasi hingga pidana jika ada yang melakukan pungli untuk biaya pendaftaran calon kepala desa," ujar Dedi saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Selasa (7/5/2019) di ruang kerjanya.

BACA JUGA: Cidolog Sukabumi Sekarang Punya Kepala Desa Baru

Dedi menambahkan, berdasarkan aturan Menteri Dalam Negeri, Pilkades harus dibiayai oleh APBD, dimana anggarannya sudah dialokasikan. DPMD akan memberikan hibah ke tiap-tiap desa yang melaksanakan Pilkades dengan kisaran Rp 80 juta.

"Tapi itu kan rata-rata. Nanti ada yang dapat Rp 78 juta, ada yang Rp 77 juta, itu nanti tergantung jumlah hak pilih. Uang yang dihibahkan itu untuk surat suara, listrik, operasional panitia dan segala keperluan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades. Dan itu harus cukup," tegasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Anda tentu pernah mendengar atau melihat nama bahan tertentu di kemasan makanan, seperti monosodium glutamate atau MSG, asam benzoat, atau tartrazin. Nama-nama tersebut adalah jenis dari zat...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga negara asing asal Amerika Serikat, CCB juga menjual vape ganja. Vape ganja itu dia jual bersama brownies ganja di Apartemennya di Bintaro, Jakarta Selatan. Kini CBB sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Sepanjang ujung paling barat laut dari benua Afrika, terdapat kompleks gua yang penuh dengan mitos dan legenda. Menurut cerita – mengutip dari Atlas Obscura – salah satu...

SUKABUMIUPDATE.com - Nazwa Nur Afifah (15 tahun) gadis belia asal Kampung Anggayuda RT 04/11 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi dilaporkan hilang. Kabar kehilangan tersebut dilaporkan pihak keluarga ke...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya