Menu

09 Apr 2019, 05:10 WIB

Kabupaten Sukabumi Tuan Rumah Workshop Pengelolaan Geopark di Jawa Barat

Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri mengisi sambutan dalam Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Geopark, Senin (8/4/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Geopark di salah satu hotel berbintang Jalan Selabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/4/2019). Kegiatan tersebut bertujuan mencetak sumber daya manusia pengelola Geopark yang andal dan bersertifikasi UGG.

BACA JUGA: Kembangkan Ide, Bupati Sukabumi Ingin Pengunjung Geopark Tak Melihat Bebatuan Saja

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Agus Hanafiah memaparkan, kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, yakni 8-12 April 2019. Giat diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Barat, Rahmat Taufik memaparkan pengembangan geopark di Jawa Barat sebagai program dan kegiatan menunjang secara langsung visi misi Provinsi Jabar 2018-2023, yaitu  mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektifitas wilayah.

"Workshop ini bertujuan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, agar seluruh pengelola geopark yang terlibat dapat bersinergi, bekerja efektif dan efisien," ujar Rahmat Taufik.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri mengatakan, Pemkab Sukabumi sangat mengapresiasi kegiatan ini. Iyos menilai, membangun tata kelola taman bumi bukan pekerjaan mudah dan perlu kolaborasi.

BACA JUGA: Dikunjungi Mr Guy Martini, GGN Beri Catatan Khusus untuk Geopark Ciletuh Palabuhanratu

"Perlu kerjasama, sinergitas dan infrastruktur yang memadai serta instrumen pendukung lainnya. Karena mengelola geopark merupakan ikhtiar memuliakan bumi dan mensejahterakan masyarakat," ujar Iyos dalam sambutannya.

Hadir pada kesempatan tersebut Perwakilan Kementerian Koordinator Kemaritiman, Perwakilan Telkom University, Perwakilan Bio Farma, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, GM Geopark Ciletuh-Palabuhanratu serta tamu undangan lainnya.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
Sumber : DISKOMINFOSAN KABUPATEN SUKABUMI/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Belentuk RT 01/02, Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, digegerkan penemuan mayat bayi laki-laki pada Kamis (22/1/2020). Mayat bayi terbungkus kantong kresek itu ditemukan tepat di...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya kulit, rambut juga mempunyai sel-sel mati yang menyebabkan kerontokan setiap hari. Tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa penyebab rambut rontok yang bisa saja selama ini...

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah daerah di Sukabumi diminta cepat merespon kasus-kasus gesekan warga dan pelaku rentenir (bank emok). Dinas terkait diminta menertibkan praktik rentenir berkedok koperasi, karena menurut Lina Ruslinawati...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi Maman Abdurrahman mengatakan, lahan untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kecamatan Cikidang akan bertambah menjadi 888 hektare dari lahan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya