Menu

Jumat, 15 Maret 2019, 05:15 WIB

Sungai Cimahi Cibadak Sukabumi Berbusa, DLH Minta Masyarakat Hati-hati

Kondisi Sungai Cimahi di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada siang hari nampak tak ada yang janggal, berbeda dengan malam hari. | Sumber Foto:Suhendi

SUKABUMIUPDATE.com - Sungai Cimahi di Kampung Sekarwangi, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi dipenuhi busa berwarna putih, hingga membuat warga sekitar resah. Tak sedikit yang menduga busa berwarna putih itu berasal dari limbah perusahaan.

BACA JUGA: Sungai Cimahi Sukabumi Dipenuhi Busa, Warga Cibadak: Baunya Seperti Pemutih Kain

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina mengaku akan segera menginstruksikan jajarannya untuk mengusut dan melakukan pengecekan langsung ke lapangan.

"Kami akan menugaskan personel untuk cek lapangan dan pengambilan sampel air sungai Cimahi," ujar Dedah Herlina saat dihubungi sukabumiupdate.com, Kamis (14/3/2019).

BACA JUGA: Pelajar dan Ormas Tebar Benih Ikan di Sungai Cimahi Sukabumi

Dedah menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan serta mengecek setiap perusahaan yang berdekatan dengan sungai Cimahi guna memastikan dari mana sumber limbah tersebut sehingga menimbulkan pencemaran air sungai.

"Kita tentunya akan mendata industri yang ada di sepanjang sungai tersebut, yang membuang air limbahnya langsung ke sungai," jelas Dedah.

BACA JUGA: Buktikan Sungai Cimahi Sukabumi Tak Tercemar, Perusahaan Kuarsa Lepas 1 Kwintal Ikan

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan, masyarakat di sepanjang Sungai Cimahi diimbau tidak menggunakan air untuk keperluan rumah tangga.

"Kepada masyarakat sekitar sungai untuk tidak menggunakan air yang diduga tercemar itu," pungkasnya.

Di beritakan sebelumnya salah seorang warga, Dedah Jubaedah (69 tahun) mengatakan, Sungai Cimahi biasa dipergunakan warga untuk mandi, mencuci baju dan mencuci piring. Namun, karena akhir-akhir ini diketahui air sungai tercemar limbah, maka saat ini tidak ada warga yang berani menggunakan air Sungai Cimahi tersebut.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com -  Pantai Minajaya di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ternyata masih jadi primadona para pengunjung menginjakan kaki di objek wisata alam yang merupakan bagian dari Geopark Ciletuh - Palabuhanratu tersebut. BACA...

SUKABUMIUPDATE.com - Suwandi (30 tahun), operator alat berat backhoe di lokasi longsor galian C Kampung Awilarangan, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur mengaku masih trauma mengingat peristiwa longsor tebing...

SUKABUMIUPDATE.com - Homara Restaurant yang berada di Grand Inna Samudra Beach Hotel (GISBH) Palabuhanratu baru-baru ini diresmikan. Berbagai sajian masakan dihidangkan kepada para pengunjung. BACA JUGA: Dispar Kabupaten Sukabumi: Homara Restauran...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyebut banyak sekali yang ingin menjadi seorang jurnalis. Akan tetapi, lanjut Fahmi tidak semua memiliki kemampuan dan kesempatan menjadi seorang jurnalis. BACA JUGA: Jurnalis...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya