Menu

Kamis, 20 Desember 2018, 19:31 WIB

Tak Diundang HDI, Panti Aura Welas Asih Palabuhanratu Sebut ODGJ Juga Disabilitas

Ratusan ODGJ yang saat ini dibina di Panti Aura Welas Asih Palabuhanratu. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Disabilitas Internasional (HDI) tingkat Kabupaten Sukabumi baru saja diselenggarakan di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (20/12/2018). Perayaan ini ternyata menyulut kekecewaan pengurus Aura Welas Asih Palabuhanratu, panti yang mengokomodir orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) hasil razia pemerintah daerah atau serahan dari warga Sukabumi, baik kota maupun kabupaten.

“Kami tidak diundang, ini kedua kalinya kami tidak dianggap sebagai pihak yang ikut mengurusi masalah disabilitas di Sukabumi,” ungkap Pengurus Panti Aura Welas Asih, Deni Solang, kepada sukabumiupdate.com.

Pria ini bahkan melontarkan kritis cukup pedas di akun media sosialnya, terkait sikap pemerintah, baik pusat maupun daerah yang mengabaikan nasib ratusan ODGJ yang saat ini dibina. "Janji palsu, katanya mau ngundang tapi tidak. Mungkin karena ODGJ bukan perhatian makanya sering dilupakan. Kita enggak minta biaya makan, kita cuman minta diakui dan diikutsertakan karena ODGJ juga difable," ungkap Deni.

Deni lalu membeberkan janji janji pemerintah yang hingga kini belum terealiasi. “Ada yang janji mau ngasih tiga tongkat dan tiga kursi roda untuk enam ODGJ yang juga menderita tuna netra dan  lumpuh. Pejabat tersebut berjanji akan memberikannya pada Hari Disibilitas International hari ini.” 

"Awalnya disuruh tunggu tahun depan, namun si pejabat tersebut ngehubungi saya via WhatAap katanya tongkat dan kursi roda akan diserahkan pada acara tadi pagi. Katanya undangan juga akan diberitahukan. Ternyata tongkat enggak dapat, undangan juga gak ada," sambung Deni.

BACA JUGA: Peringati HDI Tingkat Kabupaten Sukabumi, Difabel Mainkan Api

Panti Aura Welas Asih saat ini menampung 172 ODGJ terdiri dari 112 ODGJ terlantar yang terjaring dari jalanan. Kemudian 60 ODGJ berasal dari keluarga tidak mampu. Tahun  2018 ini, Pantai Aura Welas Asih terpilih menjadi Organisasi Sosial Teladan tingkat Jawa Barat. 

"Salah apa Panti Aura Welas Asih, susah payah mengurus dan memberi makan sekian banyak orang, kok bisa dilupakan. Atau kita lepaskan kembali saja ODGJ ini ke jalanan," imbuhnya.

Reporter : DEMMY PRATAMA
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Cegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Surade melakukan pengasapan (Fogging) di Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Kamis (20 /12/2018). "Fogging...

SUKABUMIUPDATE.com - Program Sukabumi Kelurahan Entrepreneur Center (Sukabumi Kece) besutan visi-misi pasangan Wali Kota dan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Andri Hamami menargetkan 1.500 usaha kecil dan menengah...

SUKABUMIUPDATE.com – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami bertemu dengan komunitas offroader pakidulan (Offak) di Bumi Walagri Pajajaran III, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Kamis (20/12/2018). Pada kesempatan tersebut bupati...

SUKABUMIUPDATE.com – Setiap orang tentu mempunyai cita-cita dan asa, meskipun dengan keterbatan fisik yang kurang sempurna. Seperti seorang penyandang disabilitas tuna daksa, Wina Juliana (15 tahun) siswi SMP kelas...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya