Peringati HDI Tingkat Kabupaten Sukabumi, Difabel Mainkan Api

Kamis 20 Desember 2018, 08:22 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 tingkat Kabupaten Sukabumi di Wisma Antariksa Kampung Cipeteuy RT 04/06 Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu berlangsung meriah. Selain menjadi momen bahagia bagi para difabel berprestasi, juga jadi wahana unjuk kebolehan siswa-siswi penyandang difabel dari sejumlah lembaga pendidikan sekolah luar biasa (SLB).

Sedikitnya 130 siswa-siswi dari enam lembaga pendidikan SLB mengukuti peringatan HDI, mereka bergantian memperlihatkan kemampuannya menari, bernyanyi, membacakan puisi, bahkan atraksi yang cukup mendebarkan para penonton, sejumlah siswa difabel melompati lingkaran api dan bermain bola api.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Kabupaten Sukabumi, Deni Hendrawan mengatakan peringatan HDI 2018 ini mengangkat tema “Kabupaten Sukabumi Inklusi dan Ramah Disabilitas”. Sebagai bentuk pengakuan terhadap penyandang disabilitas, tanpa ada perbedaan dengan manusia pada umumnya.

“Peringatan HDI ini sebagai pengakuan bahwa penyandang disabilitas juga sederajat dengan kita, selain itu juga untuk menumbuhkan kemandirian para penyandang difabel agar sejalan dengan upaya pemerintah melalui pembangunan yang berkesinambungan,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (20/12/2018).

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah memberikan bantuan berupa alat penunjang bagi penyandang disabilitas dari anggaran APBD 2018. “Kita juga menyerahkan bantuan ke pada para penyandang difabel, berupa 38 kursi roda, tongkat ketiak 20, tongkat putih 10, alat bantu dengar 10, dan tongkat kaki 10 buah,” tandasnya.

Sementara itu asisten daerah I Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasith mengaku terharu dengan penampilan para difabel. Meskipun memiliki kekurangan, namun bisa membuktikan kelebihannya.

BACA JUGA: Iman Suwandi, Perancang Motor Listrik untuk Difabel dari Kabupaten Sukabumi

“Terharu melihat mereka tampil dihadapan kita semua. Allah maha segalanya ketika di satu sisi ada kekurangan tapi disisi lain ada kelebihan, begitupun sebaliknya kita pun punya kelebihan dan kekurangan,” ucapnya.

Ia menegaskan, secara berkelanjutan Pemkab Sukabumi memiliki komitmen untuk masyarakat Sukabumi yang religius dan mandiri. “Kita semua adalah keluarga besar sama-sama harus tumbuh berkembang, tidak terkecuali penyandang difabel. Secara khusus akan membangun jejaring kerjasama dengan semua pihak, termasuk penyelenggara pendidikan untuk yang berkebutuhan khusus,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi