Sudah Dihapus, Lapas Nyomplong Sukabumi Sebut Akun Medsos Narapidana RG Dibajak

Sabtu 23 November 2019, 06:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Lembaga Pemasyarakan Kelas II B Nyomplong Kota Sukabumi langsung melakuran pemeriksaan terhadap RG (16 tahun) narapidana kasus pembunuhan dan pencabulan terhadap Nadia Putri (5 tahun) adik angkatnya. Pemeriksaan dilakukan setelah warga sekitar rumah RG resah karena menemukan akun media sosialnya masih aktif dan memposting hal-hal yang dinilai memancing kemarahan warga.

Hal ini ditegaskan Yuniarto Kepala Lapas Nyomplong kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (23/11/2019). Hasil pemeriksaan, pihak lapas menduga ada orang lain yang membajak akun facebook Rendii milik milik narapidana RG.  “Dugaan kami akun facebook milik RG dibajak, diposting oleh orang lain. RG sudah diperiksa oleh petugas sejak kabar akun medsosnya jadi perbincangan public karena masih aktif,” jelas Yuniarto.

Pengakuan RG soal akun medsosnya dibajak ini diperkuat dengan materi postingan terbaru di akun facebooknya. Postingan yang menjadi perbincangan dan dipermasalah netizen Sukabumi termasuk hanya berisi foto-foto lama yang memang tersimpan dalam akun medsos itu sendiri, atau bisa digunakan oleh siapapun yang membajaknya. 

“Kita kaji materi FB RG yang diposting terbaru khususnya selama ia menjalani masa hukuman hanya berisi update foto profil dan status. RG tidak membalas komenan netizen yang mengecamnya, bahkan banyak temannya yang juga mengutuk ia. Kesimpulan kami dugaan akun ini dipakai orang lain,” sambung Yuniarto.

Sayangnya Yuniarto belum memberikan penjelasan lebih detil soal pemeriksaan RG dan tahanan lain soal penggunakan alat komunikasi di dalam lapas Nyomplong. Termasuk siapa orang yang menurut RG paling berpotensi membajak akun medsosnya.

BACA JUGA: Medsos Narapidana Pembunuhan Nadia Masih Aktif? Warga Lembursitu Sukabumi Geram

Dari penelusuran redaksi sukabumiupdate.com, akun facebook milik RG dengan nama Rendii, https://www.facebook.com/rendi.gunawan.18294 ternyata sudah dihapus oleh pemegang paswordnya per hari ini Sabtu (23/11/2019). Konten tidak ditemukan, emotion jempol besar dengan keterangan tautan yang anda ikuti mungkin telah rusak atau halaman sudah dihapus.

Akun ini bikin heboh netizen dan warga sekitar rumah para pelaku di Kampung Bojongloa Wetan Situmekar Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi karena masih aktif dan memposting foto dan status yang dinilai memancing emosi. Akun ini terakhir update status pada hari Kamis lalu (21/11/2019)  pukul 04.16 WIB.

Akun ini mengganti foto profil dengan foto yang diduga lama (dokumen) RG dengan seragam sekolahnya lengkap dengan rompi warna biru. Tak hanya ganti foto profil, akun juga mempublis status terbaru, “jadilah dirimu sendiri” dilengkapi emotion gaya dan sinis.

BACA JUGA: Cabuli dan Aniaya Adik Angkat di Lembursitu Sukabumi, RG Divonis 7,5 Tahun Penjara

RG sendiri saat ini tengah menjalani masa hukuman di Lapas Nyimplong dari vonis 7 tahun enam bulan kurungan (penjara) yang dijatuhkan hakim Pengadilan Negeri Sukabumi atas tindakannya membunuh dan memperkosa adik angkatnya sendiri Nadia Putri. Vonis dijatuhkan pada tanggal  November 2019 silam tak lama setelah hakum menjatuhkan vonis untuk adik kandung RG yaitu Rd (13 tahun) untuk kasus yang sama.

Rd tidak dihukum kurangan badan, ia hanya divonis menjalani kerja sosial di panti rehabilitasi anak. Hukuman sosial ini juga dijatuhkan untuk RG selama 10 bulan setelah ia menjalani masa kurungan badan.

Sementara sang ibu Yuyu yang menjadi otak pembunuhan Nadia Putri pada hari Minggu 22 Septermber 2019 silam, saat ini masih menjalani persidangan.  Yuyu tak hanya menjadi otak pembunuhan Nadia tapi juga pelaku inses, yang berkali-kali memaksa RG dan Rd untuk berhubungan badan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer