Menu

31 Jan 2019, 17:15 WIB

Sebelum Ditahan, Dua Kades Terduga Koruptor di Kabupaten Sukabumi Dicecar 30 Pertanyaan

YL dan EN, Dua oknum sedang diperiksa tim oenyidik kejaksaan Negri | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - YL dan EN, dua kepala desa (kades) terduga koruptor sempat menjalani pemeriksaan intensif di Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi sebelum dijeblokan ke Lembaga Pemasyarakatan Warung Kiara. Dua kades aktif tersebut diduga menyelewengkan dana desa (DD), dan alokasi dana desa (ADD). 

Salah satu Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejari Kabupaten Sukabumi, Rizal Jamaludin, mengatakan masing-masing oknum kades tersebut dicecar dengan 30 pertanyaan. Seluruhnya berkaitan dengan peran keduanya dalam dugaan tindak penyelewengan anggaran negara tersebut. 

"Dalam pemeriksaan, masing - masing tersangka kami cecar 30 pertanyaan," ujar Rizal kepada awak media, Kamis (31/1/2019). 

Kerugian negara akibat perbuatan kedua Kades ini, lanjut Rizal, mencapai lebih dari Rp 1 milyar. Berdasarkan penghitungan inspektorat, anggaran yang diselewengkan YL untuk DD dan ADD Tahun anggaran 2016/2017 sebesar Rp 551.049.731. YL adalah Kades Cibuntu (2016-2017), Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. 

BACA JUGA: Kejari Tetapkan Dua Kades di Kabupaten Sukabumi Sebagai Tersangka Korupsi

Sementara EN, berdasarkan penghitungan inspektorat untuk DD dan ADD tahun anggaran 2017 nilainya mencapai RP 636.513.475. EN adalah kades Kades Pagelaran (2006-2018), Kecamatan Purabaya.

"Akibat perbuatannya kedua tersangka ini terjerat dengan pasal 2 junto pasal 3 juncto pasal 18 UU Tipikor dengan ancaman hukuman itu maksimal 20 Tahun. Dan pelaku saat ini kami akan titipkan di Lembaga Permasyarakat (Lapas) Warungkiara," pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pernah merasa kehilangan motivasi tentang pekerjaan Anda, lalu tak dapat menyelesaikannya dengan baik? Mungkin sekarang saatnya Anda mengganti pekerjaan.  Karier saat ini mungkin memberi Anda gaji yang layak,...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki Juni 2020, sejumlah drama Korea baru siap hadir menyapa penonton. Tentunya menawarkan berbagai genre dan cerita menarik. Bukan hanya dari plotnya saja, tapi drama Korea yang bakal...

SUKABUMIUPDATE.com - Alat bantu pernapasan, ventilator, selalu menghantui pasien Covid-19. Sudah luas diketahui  virus corona  2019 bisa memicu badai sitokin  penyebab peradangan parah di paru-paru hingga si empunya organ...

SUKABUMIUPDATE.com - Satu penumpang gelap telah ikut misi pertama SpaceX untuk meluncurkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Secara resmi terungkap beberapa jam setelah peluncuran Sabtu, 30 Mei, tetapi penumpang...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya