Menu

Kamis, 31 Januari 2019, 17:15 WIB

Sebelum Ditahan, Dua Kades Terduga Koruptor di Kabupaten Sukabumi Dicecar 30 Pertanyaan

YL dan EN, Dua oknum sedang diperiksa tim oenyidik kejaksaan Negri | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - YL dan EN, dua kepala desa (kades) terduga koruptor sempat menjalani pemeriksaan intensif di Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi sebelum dijeblokan ke Lembaga Pemasyarakatan Warung Kiara. Dua kades aktif tersebut diduga menyelewengkan dana desa (DD), dan alokasi dana desa (ADD). 

Salah satu Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejari Kabupaten Sukabumi, Rizal Jamaludin, mengatakan masing-masing oknum kades tersebut dicecar dengan 30 pertanyaan. Seluruhnya berkaitan dengan peran keduanya dalam dugaan tindak penyelewengan anggaran negara tersebut. 

"Dalam pemeriksaan, masing - masing tersangka kami cecar 30 pertanyaan," ujar Rizal kepada awak media, Kamis (31/1/2019). 

Kerugian negara akibat perbuatan kedua Kades ini, lanjut Rizal, mencapai lebih dari Rp 1 milyar. Berdasarkan penghitungan inspektorat, anggaran yang diselewengkan YL untuk DD dan ADD Tahun anggaran 2016/2017 sebesar Rp 551.049.731. YL adalah Kades Cibuntu (2016-2017), Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. 

BACA JUGA: Kejari Tetapkan Dua Kades di Kabupaten Sukabumi Sebagai Tersangka Korupsi

Sementara EN, berdasarkan penghitungan inspektorat untuk DD dan ADD tahun anggaran 2017 nilainya mencapai RP 636.513.475. EN adalah kades Kades Pagelaran (2006-2018), Kecamatan Purabaya.

"Akibat perbuatannya kedua tersangka ini terjerat dengan pasal 2 junto pasal 3 juncto pasal 18 UU Tipikor dengan ancaman hukuman itu maksimal 20 Tahun. Dan pelaku saat ini kami akan titipkan di Lembaga Permasyarakat (Lapas) Warungkiara," pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan utara Kabupaten Sukabumi, Rabu (13/11/2019) juga menyebabkan tembok SMPN 1 Bojonggenteng roboh. Tidak ada korban dilaporkan dalam musibah yang...

Oleh: Yuyum Yumanah (Catatan Mata Yuyum Yumanah) Pesta Demokrasi... Tinggal Menghitung Hari Tinggal Menentukan Jari Pilihlah Sesuai Hati Nurani Kalah Menang Sudah Pasti Siapkan Mental Ikhlaskan Hati Siapaun Yang Terpilih Nanti Kita Serahkan Pada Sang Illahi Kalah Bukan Berarti...

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang kembali mengguyur sebagian wilayah Sukabumi utara pada Rabu (13/11/2019) siang menyebabkan tembok pabrik PT Dasan Pan Pacific Indonesia Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi...

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, mengatakan untuk menjawab perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, perlu ada sebuah sistem dalam pengelolaan maupun pelayanan terhadap masyarakat.   BACA JUGA: Sekda Kabupaten...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya