Menu

29 Jan 2019, 11:57 WIB

Kades Jambenenggang Sukabumi Dilaporkan ke Kejari

Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa (Kades) Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes, dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi oleh masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Uang Rakyat (Gempur), Senin (28/1/2019).

Gempur menyerahkan berkas laporan yang di diantaranya terdapat 10 poin dugaan penyalahgunaan kewenangan.

Koordinator Gempur Sulaemi, mengungkapkan oknum kades tersebut tidak transparan soal penggunaan anggaran serta memotong anggaran program Rutilahu.

"Tidak pernah mengumumkan anggaran di depan kantor desa dari mulai tahun 2015 sampai dengan 2018 dan sosialisasi pun itu tidak pernah dilakukan. Adapun, 10 poin dugaan penyalahgunaan kewenangan. Diantaranya, yang terindikasi anggaran dari Dana Desa (DD) dan yang paling mencolok adalah program Rutilahu. Yaitu, adanya bukti rekaman dan pemotongan anggaran sebesar Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta,” kata Sulaemi, Selasa (29/1/2018).

Sulaemi mengungkapkan dengan adanya laporan ini, pihak yang dilaporkan jera dan bisa melakukan perubahan. Hal ini,kata Sulaemi, bisa menjadi perhatian bagi desa lainnya. "Serta menjadi contoh bagi kepala desa lainnya," tegas Sulaemi.

BACA JUGA: Diduga Selewengkan Anggaran, Kades Cidadap Sukabumi Dilaporkan ke Kejari

Sementara itu, Jaksa Fungsional Kejari Kabupaten Sukabumi, Aji Sukartaji menyatakan sudah menerima laporan pengaduan masyarakat dari Kecamatan Kebonpedes. 

”Ada laporanya sudah diterima secara administrasi dan nantinya akan dilaporkan ke pimpinan terlebih dahulu,” singkatnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Setengah dari populasi Indonesia diperkirakan akan terinfeksi virus corona di Indonesia jika tak kunjung diberlakukan lockdown. Dilansir dari suara.com, hingga Jumat (27/3/2020), tercatat ada 893 kasus virus corona...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi merilis data lonjakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) per hari ini, Sabtu (28/3/2020). Tercatat ODP yang sehari sebelumnya berjumlah 202 orang,...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penangananan Covid-19 Achmad Yurianto dianggap melontarkan kalimat kontroversial ketika memberikan keterangan pers soal perkembangan kasus corona di Indonesia. Dilansir dari suara.com, dalam pernyataan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (28/3/2020). Akibatnya, belasan rumah porak-poranda. Atap berterbangan dan pohon tumbang di Kampung Pasisangan RT 18/05 Desa Pondokkaso...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya