Menu

Sabtu, 26 Januari 2019, 13:46 WIB

Upah Tak Dibayar, Buruh Cicurug Sukabumi Terpaksa Tidur di Masjid

Ketua DPC GSBI Sukabumi, Dadeng Nazaruddin berorasi di hadapan ratusan buruh saat unjuk rasa di kantor Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto.

SUKABUMIUPDATE.com - Persoalan upah buruh yang belum dibayar oleh pabrik garmen PT Sentosa Utama Garmindo (SUG), di Kampung Caringinkaret RT 03/04, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, berdampak pada kehidupan buruh.

Sebagian mereka mengaku terpaksa meninggalakan kontrakan dan tidur di masjid karena tak mampu membayar sewa rumah atau menunggak.

Seperti dialami salah seorang karyawan PT SUG Saepudin (30 tahun), dirinya sudah beberapa hari ini tidak bisa menempati rumah kontrakannya akibat nunggak pembayaran.

"Saya terpaksa tidur di pabrik atau di mesjid pak karena tidak mampu bayar kontrakan. Gaji yang dijanjikan sejak 15 Januari lalu hingga hari ini belum juga keterima," tuturnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (26/1/2019).

Senada dirasakan Nurhalimah (23 tahun) karyawan asal Bogor ini terpaksa harus mengosongkan rumah kontrakannya, karena tanggal pembayarannya sudah menunggak semenjak 15 Januari lalu.

BACA JUGA: Upah Buruh di Cicurug Sukabumi Tak Dibayar, Ratusan Buruh Blokir Jalan

"Ya harus bagaimana lagi, saya harus mengosongkan kontrakan karena malu belum bisa bayar dan beberapa hari ini saya terpaksa numpang di rumah teman," ujarnya.

Nurhalimah berharap, persoalan upah yang belum dibayar ada solusinya. Pasalnya ia sangat membutuhkanya.

"Kami buruh sangat membutuhkan hak itu. Namun sayangnya pihak pemerintah, baik Disnakertrans, DPRD maupun Bupati tidak berpihak kepada kami para buruh, hingga kami dipermainkan seperti ini," ketusnya.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Jari-jemari Nisah (52 tahun) lincah menganyam lembar per lembar daun pandan kering untuk dibentuk tikar pandan di halaman rumahnya di Kampung Cihurip RT 15/05, Desa Banyuwangi, Kecamatan...

SUKABUMIUPDATE.com - SMA Doa Bangsa Sukabumi, terpilih menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan hari ulang tahun (Hut) Forum Kepala Sekolah SMA Swasta (FKSS) se Kabupaten Sukabumi. Hut FKSS pertama di SMA...

SUKABUMIUPDATE.com - Prosesi pemakaman Muhamad Nur Alamsyah (10 tahun) di Kampung Jelegong RT 02/03 Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, diwarnai isak tangis keluarga dan tetangganya.  Bocah tersebut divonis...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya