Menu

26 Jan 2019, 13:17 WIB

Upah Buruh di Cicurug Sukabumi Tak Dibayar, Ratusan Buruh Blokir Jalan

Buruh memblokir jalan dan bajak truk untuk berorasi. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto.

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi unjuk rasa ratusan buruh PT Sentosa Utama Garmindo terus berlanjut. Kali ini mereka melakukan aksinya ke halaman Pendopo Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (26/1/2019).

Para buruh ini meminta para pemangku kebijakan untuk turun tangan mengatasi permasalah buruh atas upah yang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan.

Pantauan sukabumiupdate.com, ratusan buruh ini berkumpul di pabrik PT Sentosa Utama Garmindo di Kampung Caringinkaret RT 03/04, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug. Kemudian long march menuju pendopo dan berkumpul di sana.

Kesal menunggu lama di halaman pendopo dan tidak ada yang menerima. Padahal dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) ada di dalam akhirnya mereka kembali bergerak berencana menuju ke Unit Daerah Kerja Pembangunan (UDKP), sambil berteriak agar orang dinas keluar dari dalam kantor.

"Tuntutan kami hanya soal gaji, kami ingin hak mereka sebagai buruh dipenuhi sesuai janji perusahaan. Pemerintah juga seharusnya dapat menyelesaikan permasalah ini," ujar Dadeng Nazaruddin ketua DPC GSBI Kabupaten Sukabumi kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Upah Buruh Belum Dibayar, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Soroti Perizinan PT SUG

Tidak jauh dari kantor Kecamatan Cicurug, para buruh ini memblokir jalan dan menghentikan truk tronton yang melintas di jalan itu untuk di pakai orasi. Sehingga arus lalulintas sempat tersendat sekitar 20 menit. Bahkan nyaris bentrok dengan aparat kepolisian yang menghadang aksi untuk kembali ke kantor.

"Saya sudah meminta perusahaan dan pembeli kain hari akan segera datang kesini. Dukung kami, Pemerintah, TNI dan kepolisian adalah pelayan masyarakat, kami menjembatani masyarakat," singkat Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Dadang Budiman dihadapan buruh.

Sampai saat ini, para buruh bertahan menunggu keputusan dinas dan kehadiran pembeli serta pemilik perusahaan untuk bermediasi.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan penambahan pasien baru Covid-19 hari ini, Rabu, 3 Juni 2020, mencapai 684 orang. "Sehingga total menjadi 28.233 kasus," kata...

SUKABUMIUPDATE.com - Setidaknya 127 wartawan di 31 negara di dunia meninggal setelah terinfeksi virus corona dalam tiga bulan terakhir. Lembaga nirlaba yang bermarkas di Jenewa, Swiss, Press Emblem Campaign...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut insentif bagi tenaga medis di tengah pandemi Covid-19 baru cair Rp 10,45 miliar dari total Rp 5,6 triliun. Dia menjelaskan dana Rp 10,45...

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menerbitkan peraturan gubernur (Pergub) penerapan PSBB proporsional sebagai persiapan menuju normal baru atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di seluruh kabupaten/kota Jawa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya