Geser Anggaran Infrasruktur Vital? Ridwan Kamil Diminta Tetap Bangun Jembatan Cibuni

Selasa 14 April 2020, 13:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Warga dan pemerintah desa di Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi berharap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak menggeser anggaran pembangunan jembatan cibuni. Jembatan penghubung Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur ini menurut warga sama pentingannya dengan penanganan wabah corona karena menjadi akses ekonomi dan sosial warga, termasuk kesehatan.

Hal ini diungkapkan dua tokoh warga Cibadap menyikapi upaya pergeseran anggaran pembangunan infratruktur di Jawa Barat untuk menangani wabah corona. Kepala Desa Padasenang Kecamatan Cidadap, Soni Sonjaya bahkan mengirimkan pesan suara ke redaksi sukabumiupdate.com, yang isinya meminta kepada Gubernur Jawa Barat tetap menjalankan program pembangunan jembatan cibuni, yang sejak beberapa bulan lalu tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat karena mengalami kerusakan cukup parah.

Dalam pesannya, Soni menegaskan bahwa jembatan tersebut menjadi urat nadi warga, akses utama ekonomi,pendidikan dan kesehatan warga dua kabupaten, Sukabumi dan Cianjur. Bahkan fungsinya sangat vital sebagai jalur keselamatan karena sebagai salah satu akses mitigasi bencana.

BACA JUGA: Besi Penyangga Patah, Lantai Jembatan Cibuni Cidadap Sukabumi Bolong

“Kita bicara bidang ekonomi, sebagai salah satu program penanganan covid-19 yang saat ini dilakukan pemerintah. Melanjutkan pembangunan jembatan cibuni adalah salah satu bentuk bantuan pemerintah dalam bidang ekonomi. Masyarakat butuh akses ditengah masa pandemi corona yang mulai melumpuhkan perekomian masyarakat,” jelasnya.

Diakhir rekaman suaranya, Soni sekali lagi meminta kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk tidak menggeser anggaran pembangunan jembatan cibuni ini.  Masyarakat disana merasa sudah terisolasi jauh sebelum wabah corona datang, karena rusaknya jembatan cibuni.

Jembatan cibuni penggunung Kabupaten Sukabumi dan Cianjur di Kecamaan Cidadap saat ditutup karena mengalami kerusakan total awal tahun 2020 silam.

BACA JUGA: 42 Tahun Tidak Pernah Diperbaiki, Begini Kondisi Jembatan Cibuni Cidadap Kabupaten Sukabumi

Hal ini ditegaskan tokoh masyarakat Cidadap lainnya, Husni Mubarok. Kepada sukabumiudate.com melalui pesan singkat, Husni membeberkan pengaruh keberadaan jembatan ini dalam membantu perekonomian warga yang mayoritas di sektor pertanian dan perkebunan. 

“Ini akses ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Selama ditutup akibat rusak total saja, warga sudah sangat terbenani dengan ongkos angkut yang mahal. Kita berharap jembatan ini segera dibangun dan dapat digunakan oleh warga dan angkutan, baik Sukabumi maupun Cianjur,” jelasnya.

Catatan redaksi sukabumiupdate.com, jembatan yang dibangun tahun 1975 ini ada awal tahun 2020 silam resmi ditutup total untuk kendaraan. Lantai jembatan yang eralasan kayu jebol akibat besi penyangga patah dimakan usia.

Kondisi jembatan ini sebenarnya sudah tambal sulam, banyak yang jebol kemudian diperbaiki ala kadarnya oleh pemerintah setempat hanya untuk memastikan tetap bisa dilakukan. Diawal tahun 2020 silam, pemerintah daerah merancananya oembangunan jembatan cibuni baru disebelah jembatan lama ini untuk memastikan akses ekonomi, pendidikan dan kesehatan warga dari dua wilayah Sukabumi dan Cianjur kembali berjalan normal.

BACA JUGA: PU Kabupaten Sukabumi Bakal Bangun Jembatan Cibuni Baru, Kapan?

Jembatan lawas ini rencananya akan diganti jembatan baru dari dana bantuan provinsi Jawa Barat. Rencana awal pembangunan akan dimulai bulan April 2020, dengan kontruksi besi sepanjang 120 meter dan lebar tujuh meter.

Redaksi sukabumiupdate.com sendiri masih berusaha mengkonfirmasi dinas terkait, apakah rencana pembangunan jembatan vital ini dibatalkan atau diundur akibat adanya pergeseran anggaran untuk penangangan covid-19 di Jawa Barat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)