Menu

13 Mei 2017, 13:06 WIB

42 Tahun Tidak Pernah Diperbaiki, Begini Kondisi Jembatan Cibuni Cidadap Kabupaten Sukabumi

Tampak sebuah truk melintas pelan diatas Jembatan Cibuni. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Cibuni sepanjang 72 meter dengan lebar empat meter, di Kampung Cipanas, Desa Cidadaip, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, kondisinya cukup memprihatinkan.

Selain sudah tidak ada beraspal, warga, khususnya pengguna kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati, karena sebagian lantai jembatan menggunakan kayu dari pohon kelapa.

Jembatan yang menghubungkan dengan Kampung Cibungur, Desa Sirnabakti, Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur tersebut, dibangun tahun 1975. Karena kondisi lantai jembatan yang sudah mulai lapuk, warga sekitar berinisiatif membuat portal untuk membatasi beban muatan kendaraan yang melintas.

Tedi (32) warga Kampung Cibungur RT 03/03 menuturkan, satu tahun lalu lantai Jembatan Cibuni pernah direnovasi pemerintah menggunakan kayu damar. Namun sayangnya tidak bertahan lama, akibatnya kendaraan dengan muatan banyak yang melintas harus menurunkan sebagian barangnya.

"Kekuatan jembatan ini maksimal tiga ton, soalnya balok besi yang di bawah bagian ujung sudah patah meskipun pernah diperbaiki dengan dana sumbangan donatur," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (13/5).

Salah seorang Penjaga Portal, Hakim (39) mengatakan, uang hasil sumbangan dari pengguna kendaraan yang melintas dipergunakan untuk memperbaiki lantai jembatan yang rusak.

"Kini pakai kayu dari pohon kelapa, dibeli dari hasil sumbangan pengendara yang lewat, kalaupun ada sisanya paling hanya dua puluh ribu Rupiah. Sampai sekarang belum ada perbaikan lagi," katanya.

Sementara itu pengemudi truk, Mulyana (33) warga Kampung Parigi RT 01/02, Desa Sinarbakti, menyayangkan dengan kondisi jembatan yang sudah rusak parah dan tidak layak pakai. "Kalau bukan karena sumbangan orang yang peduli, mungkin jembatan itu sudah tidak bisa dilintasi lagi," katanya.

BACA JUGA:

Ambruk Sebelah, Jembatan Ciseureuh Penghubung Antar Desa di Ciracap Kabupaten Sukabumi

Dikhawatirkan Ambruk, Jembatan Pananggapan Ciracap Kabupaten Sukabumi

Jalan Jembatan Sekarwangi Kabupaten Sukabumi Rusak, Jembatan Lama Pun Jadi

Dirinya mengaku, setiap kali melintasi Jembatan Cibuni harus ekstra hati-hati, apalagi saat musim hujan kondisi lantai terbuat dari kayu menjadi licin. Tidak jarang, banyak pengguna kendaraan yang celaka.

"Kalau saya bawa gula ke Sukabumi paling hanya bisa dua sampai tiga ton, karena kalau muatan penuh harus keluar biaya tambahan untuk dua kali bongkar muat akibat kondisi jembatan yang sudah tidak kuat menahan beban berat," katanya.

Padahal, sambung Mulyana, jembatan Cibuni ini sangat vital untuk membantu aktivitas ekonomi warga dari Cianjur dan Sukabumi. "Harapan kami untuk pemerintah, tolong diperhatikan dan bisa cepat diperbaiki," pungkasnya.

Johar (66) warga Kampung Cipanas RT 07/04, Desa Cidadap, yang selama 20 tahun secara sukarela mengurus jembatan Cibuni mengungkapkan, jika perbaikan lantai jembatan selalu menggunakan dana swadaya dari masyarakat.

"Seikhlasnya saja, kadang juga tidak ada yang ngasih. Semata-mata untuk memperbaiki, agar bisa tetap dapat dilintasi," katanya.

Reporter : RAGIL GILANG/Kontributor
Redaktur : HERRY FEBRIANTO
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, kembali mendapatkan bantuan dalam penanganan wabah Virus Corona atau Covid-19. Kali ini, bantuan yang diterima berupa 100 buah Alat Perlindungan Diri (APD) dari Jaringan...

SUKABUMIUPDATE.com - Jumlah kasus infeksi virus Corona di seluruh dunia tercatat terus naik dan menjadi sekitar 1.5 juta orang. Dilansir dari tempo.co, virus yang menyebabkan sakit radang paru-paru ini...

SUKABUMIUPDATE. com - Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Hendar Darsono membagikan ratusan paket sembako kepada warga Kampung Cibolang RT 33/07, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Rabu...

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari tempo.co, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menerbitkan surat edaran agar pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah dengan status pembatasan sosial berskala...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya