Belum Ada WNA di Sukabumi Berstatus ODP dan PDP Covid-19, Apindo Ungkap Kondisi Pabrik

Rabu 18 Maret 2020, 11:04 WIB

SUKABUMIUDATE.com - Hingga Rabu (18/3/2020) belum ada satupun warga negara asing yang tinggal atau bekerja di Kabupaten Sukabumi berstatus ODP (orang dalam pantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) covid-19  atau corona. Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) mendata ada 197 WNA yang saat ini bekerja (TKA – Tenaga Kerja Asing) di sejumlah perusahaan di Kabupaten Sukabumi.

Kondisi ini menurut Apindo tidak terlepas dari sistem pengawasan yang baik oleh pemerintah dan standar operasional prosedur (SOP) ketat oleh manajemen pabrik terutama perusahaan asing yang ada di Kabupaten Sukabumi. “Padahal sebagian TKA ini ada yang pulang ke negaranya saat libur Imlek waktu itu,” beber Ketua Apindo Kabuaten Sukabumi, Ning Wahyu, Rabu (18/3/2020) melalui pesan singkat.

Pengusaha yang tergabung dalam Apindo menurut Ning, telah melakukan SOP jauh hari sebelum isu corona membesar seperti sekarang. Untuk perusahaan – perusahaan grup, manajemen penanganan Covid-19  diinstruksikan secara terpusat oleh headquarter yang harus dipatuhi oleh seluruh perusahaan diseluruh negara manapun, termasuk Indonesia.

BACA JUGA: Buruh di Tengah Ancaman Covid-19, Edaran Kemenaker Soal Libur dan Pekerja Sakit Akibat Corona

“Untuk perusahaan asing seperti PT. GSI – Glowstar Indonesia, mereka sudah berpengalaman menangani virus SARS dan sudah ada memiliki  SOP. Kemudian diterapkan pada penanganan Covid-19 ini,” ujar Ning.

Ketika Covid-19 ini merebak di China, sambung Ning, headquarter perusahaan menginstruksikan adanya isolasi kepada para manager yang kembali dari China selama masa inkubasi virus, yaitu 14 hari, juga untuk TKA dari negara lain. “Jadi setelah perayaan Imlek itu setelah dinyatakan sehat di Bandar, TKA ini langsung masuk isolasi, dikarantina selama 14 - 15 hari, tergantung atura perusahaan.”

Saat itu, sehari dua kali, pagi dan sore, TKA ini mendapatkan pengecekan suhu tubuh yang dilakukan oleh tenaga medis di masing – masing perusahaan. Ada juga perusahaan yang menyediakan alat pelacak suhu digital pada masing – masing TKA untuk pengecekan mandiri dan melaporkannya sehari dua kali kepada tim medis melalui whatsapp.

BACA JUGA: Terkait Corona, Apindo Sebut Putusan Shutdown Pabrik di Sukabumi Ditangan Pengusaha

“Setahu saya aturan ketat hingga hingga untuk makanan. Diantar ketempat isolasi tanpa ada kontak fisik. Setelah 14-15 hari, para TKA ini dicek ulang oleh tim medis, dan apabila tidak ada tanda – tanda terinfeksi Covid-19, maka mereka diijinkan bekerja. Perusahaan juga tidak mengijinkan adanya cuti terhadap TKA,  sampai situasi yang memungkinkan untuk mereka cuti tanpa beresiko terjangkit Covid-19,” beber Ning.

Pemerintah daerah, tanggal 16 Maret 2020 kemarin mengeluarkan surat edaran Bupati Sukabumi yang memuat delapan poin yang harus terkait dilakuka perusahaan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.  Salah satunya meminta upaya manajemen untuk memastikan setiap buruh bekerja dengan standar pencegahan maksimal seperti wajib masker, dan wajib menjalani cek suhu tubuh.

Selain itu pemerintah meminta perusahaan mengefektifkan klinik pabrik agar bisa memberikan fasilitas kesehatan awal bagi pekerja yang mengalami gangguan kesehatan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin