Menu

16 Jan 2020, 19:34 WIB

Ini Jalan Bangbayang Tegalbuleud Sukabumi Sekarang, Dulu Viral karena Dilintasi Pakai Tandu

Jalan Bangbayang Tegalbuleud Sukabumi dulu dan sekarang | Sumber Foto:dok su

SUKABUMIUPDATE.com – Jalan raya Cimahpar Bangbayang di Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi Jawa Barat selesai diperbaiki. Jalan yang dulu kerusakannya viral karena warga yang sakit harus dievakuasi pakai tandu akibat mobil tidak bisa masuk, hari ini Kamis (16/1/2020) diresmikan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Dikutip dari akun resmi Pemerintah Kabupaten Sukabumi, jalan ini adalah akses tercepat warga sejumlah kampung di dua desa untuk mencapai pusat Kecamatan Tegalbuleud. "Jalan (Bangbayang-Cimahpar) jadi akses terdekat bagi masyarakat untuk ke Kecamatan Tegalbuleud. Akses ini lebih cepat, ketimbang harus mutar lewat jalan utama," ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam sambutannya.

Menurut Marwan keberadaan jalan penghubung tersebut membuka akses ekonomi masyarakat. Sehingga masyarakat sekitar bisa menjual hasil pertanian ke luar daerahnya.

BACA JUGA: Viral Karena Dilintasi Pakai Tandu, Jalan Bangbayang Tegalbuled Sukabumi Mulai Diperbaiki

 

"Dulu hasil pertanian tidak bisa dijual ke luar. dengan akses ini, mereka bisa meningkatkan jaringan perdagangan terkait produksi pertanian," ucapnya.

Pemkab Sukabumi sambung Marwan telah menyelesaikan pekerjaan infrastruktur jalan sekitar 85 persen dari total jalan Kabupaten Sukabumi sepanjang 1.400 kilometer. "Sisanya nanti di 2020 akan terus dilanjutkan. Bahkan terus ditingkatkan," ungkapnya.

Terkait jalan-jalan yang sudah baik kondisinya, Bupati meminta masyarakat turut memperhatikan dan memeliharanya. Sehingga jalan yang sudah baik dapat terus terjaga. 

"Perhatikan muatan kendaraan yang melintas, drainasenya. Bahkan bila perlu berswadaya membuat selokan agar air tidak cepat merusak jalan," terangnya.

Kepala Desa Bangbayang, Asep Priatna mengaku peresmian jalan ini kado luar biasa di tahun 2020 ini, karena sudah lebih dari 20 tahun tidak pernah mendapatkan perbaikan. Asep menjelaskan, dulu masyarakat harus memutar dengan menempuh jarak 64 kilometer ntuk mencapai Kantor Kecamatan dan mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit.

"Kalau hujan kendaraan sama sekali tidak bisa masuk. Makanya dulu ramai foto foto warga bawa yang sakit pakai tandu, itu karena ambulans nggak bisa mencapai rumah warga kampung ,” jelasnya.

Kadis PU Asep Japar mendampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami resmikan perbaikan jalan Bangbayang, Kamis (16/1/2020)

 

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sukabumi tidak hanya meresmikan dan mengecek kondisi jalan Bangbayang-Cimahpar. Marwan juga menyerahkan 10 ribu pohon produktif dan turut serta menanamnya di sekitar Jalan Bangbayang-Cimahpar.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi Asep Japar menerangkan perbaikan tahapan kedua ruas jalan Bangbayang-Cimahpar Desa Bangbayang, Kecamatan Tegalbuled ini dimulai akhir tahun 2019 silam. Dengan metode lapis macadam perbaikan jalan ini menggunakan anggaran perubahan tahun 2019 sebesar kurang lebih Rp 933 juta.

BACA JUGA: Jalan Berlumpur, Warga Kampung Cimahpar Tegalbuleud Harus Ditandu Ketika Ingin Berobat

Menurut Asep Japar, total panjang jalan rusak ruas Bangbayang – Cimahpar ini empat kilometer, 300 meternya sudah diperbaiki pada tahun 2018 dan 500 meter diprogram regular. "Di tahun 2019 ini diperbaiki 1500 meter (1,5 kilometer),” jelasnya. 

“Masih ada 1700 meter akan diperbaiki menggunakan anggaran murni tahun 2020 mendatang,” pungkasnya.

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi terus berupaya menekan angka perceraian. Adapun program yang tengah dilakukan Pemkot yaitu menggodok aplikasi Curhat Online. Melalui program ini, masyarakat yang memiliki masalah pribadi, keluarga maupun...

SUKABUMIUPDATE.com - Implementasi Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 terkait dengan penurunan harga gas industri hingga kini belum terealisasi, harga gas industri yang diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar...

SUKABUMIUPDATE.com - Kiper legendaris Spanyol, Real Madrid dan Porto Iker Casillas akan segera pensiun setelah mengumumkan bahwa dirinya mencalonkan diri sebagai presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Dilansir dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Status Facebook sebagai raja media sosial harus berakhir dan berpindah tangan pada 'anak angkatnya' sendiri, yaitu Instagram. Dikutip dari suara.com, Facebook cukup pintar meramal masa depan Instagram dengan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya