Menu

23 Des 2019, 16:16 WIB

PAD Kabupaten Sukabumi 2019 dari Sektor Perizinan Capai Rp 11,5 Miliar

Ilustrasi | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi, Nanang Hidayat menyampaikan, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) triwulan ke-IV tahun 2019 dari sektor perizinan melampaui target. 

BACA JUGA: Selama 2019, DPMPTSP Kabupaten Sukabumi Terbitkan Lebih dari 7.000 Izin Usaha

Nanang memaparkan, target PAD dari DPMPTSP oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi yaitu sebesar Rp 10.310.500.000,-. Hingga 13 Desember 2019 triwulan ke-IV ini, kata dia sudah mencapai Rp.11.542.467.020.

"Dari retribusi IMB (Izin Mendirikan Bangunan, red) sebesar Rp. 11.428.263.020, kemudian dari retribusi Izin Trayek Rp. 105.500.000, dan terakhir dari pendapatan denda retribusi perizinan tertentu Rp. 5.500.000," katanya kepada sukabumiupdate.com belum lama ini. 

Menurutnya kemungkinan PAD untuk Kabupaten Sukabumi ini bisa bertambah meskipun tidak terlalu signifikan. Pasalnya data itu baru sampai 18 Desember 2019. "Sekarang ini mencapai 112 persen kemungkinan bertambah sekitar dua persen lagi," ujar Nanang.  

BACA JUGA: Deteksi Bangkrut, DPMPTSP Sisir Laporan Modal Pelaku Usaha di Sukabumi

Untuk terus meningkatkan PAD, sambung Nanang, pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat pentingnya membuat IMB. Baik secara langsung melalui kecamatan, maupun tidak langsung seperti ke media atau menggunakan papan pengumuman.

"Berbagai upaya kita lakukan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya membuat IMB, karena sama saja dengan mendorong PAD salah satu sumber APBD," tandasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 segala upaya dilakukan, dari mulai penyemprotan disinfektan hingga larangan mudik atau pulang kampung untuk sementara waktu.  Larangan mudik ini berlaku untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah pandemi corona, semua anggota keluarga terpaksa berada rumah sepanjang hari selama beberapa minggu untuk social distancing. Dilansir dari tempo.co, ini tak hanya membuat orang tua...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi II DPR RI menyatakan sepakat atas penundaan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 imbas dari pandemi virus corona Covid-19. Dilansir dari suara.com, kesepakatan itu didapat usai Komisi II...

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak munculnya wabah virus Corona atau Covid-19, Wedang Jahe Beras Hitam produksi rumah pamer beras hitam Saung Palapah Katersna, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi justru...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya