Bank Sinarmas Sukabumi Sosialisasi dan Beri Pelatihan Pelaku UMKM dan MSA

Senin 02 Desember 2019, 14:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bank Sinarmas Kantor Cabang (KC) Sukabumi, menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan kepada nasabah, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan Micro Sales Agent (MSA), di Hotel Anugerah Kota Sukabumi, Senin (2/12/2019).  

BACA JUGA: Tingkatkan Populasi Usaha Ternak Sapi di Sukabumi Selatan, Disnak Gandeng Bank Sinarmas

Hadir dalam kesempatan itu Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi membuka acara didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag), Regional Manager Kanwil VI Jawa Barat, Ari Christian Wijaya, dan Group Head MSME, Muktiono Wibowo.  

Group Head MSME, Muktiono Wibowo dalam kesempatan itu mengatakan, Sosialisasi dan pelatihan ini diadakan dalam rangka ikut menyukseskan program-program pemerintah berupa inklusi dan literasi keuangan. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman layanan keuangan, khususnya produk-produk keuangan kepada masyarakat di Sukabumi.

"Sinarmas juga mengembangkan produk pembiayaan melalui skema kerjasama dengan pihak ketiga dan pembiayaan program kepada komunitas pedagang, petani dan peternak. Melalui sosialisasi dan pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam mengelola bisnis yang mereka jalankan serta meningkatkan nilai bagi pelaku UMKM," tuturnya.

Sebelumnya, program sosialisasi dan pelatihan kepada para nasabah Sinarmas ini dilakukan di enam kota. Diantaranya Pekalongan, Palembang, Padang, Sukabumi, Mojokerto, dan Mataram.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemerintah daerah ingin menumbuhkan UMKM baru. Namun, rata-rata permasalahannya keterbatasan modal, karena jika mengakses hanya ke pemda belum bisa menyiapkan modal dengan skala besar. 

"Maka tentunya kita perlu menggandeng dari pihak swasta dengan istilah pentahelix, salah satunya hari ini bermitra dengan Bank Sinarmas KC Sukabumi dan menggandeng pelaku UMKM, sehingga kedepan usahanya akan lebih kuat dengan pemberian permodalan yang dibutuhkan," ujar Fahmi kepada sukabumiupdate.com. 

Fahmi berharap, kerjasama dengan Bank Sinarmas UMKM  di Kota Sukabumi bisa naik kelas, termasuk wawasan serta kapasitas mereka sebagai seorang pengusaha. "Mereka (UMKM, red) juga butuh pendampingan, makanya tadi saya sampaikan ke pihak Sinarmas, bukannya hanya modal yang diberikan tetapi pendampingan juga," tandasnya. 

BACA JUGA: Minimalisir Bahaya Riba, Bank Sinarmas Syariah Ajak Pemkot Sukabumi Bersinergi

Di tempat yang sama Regional Manager Sinarmas Kanwil 6 Bandung, Ari Christian Wijaya menjelaskan kegiatan kegiatan ini inisiasi bank Sinarmas untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Apalagi, bank Sinarmas mempunyai visi memajukan ekonomi kreatif selaras dengan tekad Pemkot Sukabumi.

"Kendalanya itu pasti permodalan. Kita punya produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) sangat murah dan kita salah satu dari bank swasta yang punya KUR. Maka dari itu kami berkolaborasi dengan pemda, serta semua elemen termasuk komunitas-komunitas, supaya bisa menyalurkan kredit untuk mengembangkan ekonomi kreatif, terutama memajukan ekonomi di Kota Sukabumi," paparnya. 

Sementara itu, Mikro Marketing Manager Area Sukabumi, Niky Hadiyanto, menambahkan, sejumlah program telah digulirkan untuk mendukung tumbuhnya ekonomi kreatif di Kota Sukabumi. Termasuk program pembiayaan kios untuk para pedagang pasar pelita. 

"Kita bekerjasama dengan developernya menyalurkan dana KUR untuk para pedagang pasar pelita. Tahun ini kita salurkan RP 20 Miliar dan sudah berjalan Rp 15 Miliar, sisanya Rp 5 Miliar sampai akhir tahun akan kita salurkan kembali," imbuhnya. 

Bahkan sambung Niky, tahun depan bank Sinarmas akan kembali menyalurkan dana KUR Rp 50 Miliar untuk para pedagang pasar pelita. Menurut dia, perbedaaan produk bank Sinarmas dengan bank lainnya yaitu pengembalian KUR sangat murah. 

"Selain itu, bebas biaya administrasi, asuransi, tanpa biaya apapun kepada pihak bank dengan suku bunga tujuh persen efektif pertahun. Nasabah yang sudah tercover dana KUR ini mencapai sekitar 60-70 pedagang dan sisanya 130 pedagang mengambil kios," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik
Life26 April 2024, 19:00 WIB

5 Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Masalah Finansial, Awas Jangan Lakukan Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuat Hidup Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi - Masalah keuangan. Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pixabay.com/@30726203)
Sukabumi26 April 2024, 18:55 WIB

3 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Sukaraja Sukabumi, 5 Orang Luka-luka

Berikut kronologi tabrakan beruntun yang melibatkan minibus Daihatsu Sigra dan dua angkot di Sukaraja Sukabumi.
Tabrakan beruntun di Sukaraja Sukabumi ini melibatkan dua angkot dan satu minibus. (Sumber : Istimewa)