Tingkatkan Populasi Usaha Ternak Sapi di Sukabumi Selatan, Disnak Gandeng Bank Sinarmas

Kamis 11 Oktober 2018, 09:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Guna meningkatkan populasi usaha ternak sapi dan kerbau, Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Peternakan dan Kesehatan Hewan Wilayah VI Jampangkulon Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan desiminasi perbankan dan pos pelayanan asuransi usaha ternak sapi dan kerbau di Sentra Peternakan Rakyat tepatnya di kantor UPTD Peternakan dan Kesehatan Hewan Wilayah VI Jampangkulon,  Kampung Bedeng Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kamis (11/10 /2018).

Kepala Seksi  Prasarana Peternakan Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi Warsim, mengatakan, keberadaan ternak sapi potong di wilayahnya memang cukup berpotensi. Pasalnya  sekarang ini yang sudah terdata hampir 250 peternak dengan jumlah sapi sekitar 800 ekor.

“Sehingga wilayah kami menjadi  pemasok daging sapi terbesar ke kota karena hampir mencapai 60 persen,” ujar Warsim kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Disnak Sukabumi Layani Kesehatan Ratusan Sapi Potong di Wilayah Selatan

Sedangkan untuk menjaga serta meningkatkan kualitas dan populasi usaha ternak, sambung Warsim, pihaknya akan memfasilitasi para peternak dengan pihak bank melalui program permodalan, baik berupa bibit ataupun pakan.

“Pastinya program ini untuk peningkatan kualitas dan populasi sapi, terlebih untuk kesejahteraan peternak. Selain itu juga ada program asuransi, jadi tinggal ada kemauan saja dari peternak untuk merespon program tersebut,” ucapnya.

Kendati demikian, dirinya mengakui masih ada sejumlah kendala yang dihadapi terutama pada peternak yang masih menggunakan sistem pemeliharaan tradisional atau abur, namun saat ini jumlahnya sudah berkurang atau hanya tersisa sekira 25 persen.

BACA JUGA: Lima Penyebab Melambungnya Harga Ayam dan Telur, Versi Disnak Kabupaten Sukabumi

“Rencananya kami pun akan segera mengoptimalkan pasar hewan di Kampung Bedeng Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, "pungkasnya.

Sementara itu Bagian Mikro Marketing Manager  Bank Sinar Mas Niky Hadiyanto menuturkan, kegiatan sosialisasi penawaran permodalan bagi peternak sapi potong dan penggemukan ini untuk mengenalkan keuntungan yang didapat para peternak dari program yang ditawarkan.

"Seperti contoh satu orang peternak bisa mendapat pinjaman modal minimal 5 - 10 ekor sapi usia 5 bulan dengan bobot seberat 150 kilogram. Tempo penggemukan 11 bulan, jadi  masa panen itu usia 15 - 16 bulan," bebernya.

BACA JUGA: Disnak Kabupaten Sukabumi Ungkap Penyebab Naiknya Harga Ayam Potong

Sedangkan, kata Hadiyanto, untuk pembayaran ke pihak bank dilakukan pasca panen atau setelah sapi berusia 15-16 bulan atau memiliki bobot sekira 300-350 kilogram. Sapi tersebut nantinya akan dibeli oleh opteker (penyedia barang).

“Uang hasil pembeliannya akan dibayarkan ke bank oleh Opteker untuk pembiayaan awal, dan sisanya (keuntungan) untuk peternak. Nanti penyaluran bibit, pakan maupun suplemen dan asuransi sapi, akan ditanggulangi atau dibeli opteker,” pungkasnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI