Light Dark

Enam Alat Canggih Pemenang Teknologi Tepat Guna IX Jabar 2019, Ada dari Kota Sukabumi

Bisnis | 21 Aug 2019, 07:24 WIB
Eko Widianto (kedua dari kanan) mahasiswa Kota Sukabumi pencipta mesin pelet ikan juara dua dalam gelaran TTG IX 2019 Jabar. | Oksa BC

SUKABUMIUPDATE.com – Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, enam alat canggih ditetapkan sebagai pemenang Teknologi Tepat Guna (TTG) IX tingkat Jawa Barat yang berlangsung di Kota Sukabumi. Ada 25 alat TTG kategori inovasi, dan 21 TTG kategori unggulan, jadi total ada 46 TTG yang dipamerkan dan dilombangan di Lapang Merdeka Kota Sukabumi sejak kemarin hingga Rabu (21/8/2019).

Seluruh peserta adalah perwakilan dari 27 Kota dan Kabupaten se Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan langsung hadiah bagi enam pemenang lomba TTG IX ini secara langsung. Dalam sambutannya, gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini berharap gelaran TTG ini bisa menjadi pemicu tumbuhnya teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan warga Jawa Barat.

BACA JUGA: Ini Dua Alat Unggulan Kota dan Kabupaten Sukabumi di Ajang Teknologi Tepat Guna IX

"Kami yakin dalam hitungan 2-3 tahun, desa-desa di Jawa Barat akan berubah melalui teknologi 4.0 ini. Sekarang kita sudah bisa menggunakan handphone untuk trekking ikan di laut dan melacak hama pertanian," tegas Emil.

Dalam ajang ini tim juri dipimpin oleh ahli dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bersama ahli Teknologi Tepat Guna Kementrian Desa dan ahli teknologi terapan Litbang Provinsi Jawa Barat. "Teknologi tepat guna tersebut telah dinilai dalam hal makalah, substansi produk TTG, dan presentasi di hadapan tim penilai," sambung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Dedi Supendi yang bertindak sebagai ketua panitia gelaran TTG IX Jabar.

Menurut Dedi, ada dua ketegori dan setiap kategori dipilih tiga terbaik. “Juara TTG kategori inovasi dan unggulan akan diikutsertakan di TTG tingkat nasional. Tahun 2020 mendatang Provinsi Jawa Barat ditunjuk sebagai tuan rumah TTG Tingkat Nasional.”

Berikut daftar juara dan hadiah pada TTG IX Jabar kali ini;

Kategori Inovasi

1. Alat penanam padi - Ai Suganda asal Tasikmalaya (Hadiah Rp 17 juta)

2. Mesin pelet ikan - Eko Widianto asal Kota Sukabumi (Hadiah Rp 12,5 juta)

3. Panel Kontrol Pengatur Suhu - Siswanto asal Kabupaten Kuningan (Hadiah Rp 10 juta)

Kategori Unggulan

1. Mesin Sederhana Pembuat Lilin - Bagus asal Kota Bandung (Hadiah Rp 25 juta)

2. Kopi Luwak tanpa Luwak - Suparjo asal Kabupaten Kuningan (Hadiah Rp 20 juta)

3. Roteri - Ahmad Hasan Bahri dari Kabupaten Garut (Hadiah Rp 15 juta)

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

OKSA BC

Reporter