Menu

25 Jul 2019, 11:13 WIB

Palabuhanratu Bakal Terkoneksi dengan Ciemas Lewat Transportasi Laut, Kapan?

Denah aksesibilitas transfortasi kawasan Geopark Ciletuh lewat jalur darat, udara dan laut. Untuk jalur laut, nantinya akan terhubung dermaga pengumpan regional Palabuhanratu menuju dermaga pengumpan lokal di Palangpang, Ciemas. | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam waktu dekat ini di Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, bakal dibangun dermaga pengumpan lokal untuk menghubungkan transportasi laut di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Hubla dan ASDP) Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Endang mengatakan tahun 2019 ini sudah masuk ke pembebasan lahan.

BACA JUGA: Menhub Targetkan Pelabuhanratu Berfungsi Maksimal 2019

"Lahan yang akan dibebaskan itu untuk sisi daratnya seluas kurang lebih 5.000 Meter," kata Endang kepada sukabumiupdate.com, Kamis (25/7/2019)

Endang menuturkan, yang akan dibangun ini dermaga pengumpan lokal untuk menghubungkan transportasi laut dengan Dermaga pengumpan regional di Palabuhanratu yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

"Itu akan terhubung antara dermaga pengumpan regional di Palabuhanratu ke dermaga pengumpan lokal yang ada di Palangpang, Ciemas," ujarnya.

Dermaga ini sambung Endang untuk penunjang pariwisata, dan peruntukannya untuk kapal wisata yang berkapasitas penumpang sekira 40 orang.

BACA JUGA: Wabup Adjo Temui Menko Luhut, Bahas Pembangunan Dermaga Cisolok

"Nantinya ada bus air dan itu akan menjadi sarana wisata juga sebagai alternatif moda transportasi. Jika sekarang sudah ada lewat darat dengan menggunakan jalan baru yang jarak tempuhnya 1 jam dengan menggunakan transportasi laut itu bisa ditempuh sekitar 3/4 jam atau paling lama 30 menit untuk menuju Geopark Ciletuh," bebernya.

Selain jarak tempuh yang cepat, ujar Endang, wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan hamparan batu yang ada di Ciletuh. "selama ini bebatuan itulah yang menjadi salah satu keistimewaan geopark Ciletuh, diakui oleh Unesco." imbuhnya.

BACA JUGA: Sekda Iwa, Lanjutkan Proyek Dermaga Cikahuripan Cisolok Butuh Rp 141 Miliar

Menurut Endang seluruh kajian sudah lengkap, 2019 ini rencana pembebasan lahan, 2020 sudah masuk ke pembangunan fisik, dan rencananya 2021 sudah ada konektifitas antara antara dermaga pengumpan regional di Palabuhanratu ke dermaga pengumpan lokal yang ada di Palangpang, Ciemas.

Dari Detail Engineering Design atau DED, anggaran untuk pembangunannya menyerap anggaran sebesar Rp 34 Miliar, yang didanai oleh Provinsi.

BACA JUGA: Menteri Luhut Sebut Dermaga Cikahuripan Cisolok Mangkrak Karena Salah Desain

"Sisi perencanaannya oleh anggaran provinsi dan Pemkab Sukabumi hanya fasilitasi aja. Kalau pengelolaanya, karena ini sipatnya lokal, kemungkinan akan dikelola oleh Pemda Sukabumi." pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi global ketiga yang disebabkan oleh virus corona baru membuat sebagian besar orang di seluruh dunia cemas. Dilansir dari suara.com, kecemasan ini membuat masyarakat melakukan panic buying, yakni...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah video singkat memperlihatkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bersama Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada melakukan video conference bersama jajaran...

SUKABUMIUPDATE.com - Merebaknya virus corona baru atau Covid-19 membuat masyarakat semakin memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Melansir dari tempo.co, anda bisa menggunakan air dan sabun sebagai senjata utama untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Status kegawatdaruratan Kota Sukabumi bakal meningkat setelah seorang warga terkonfirmasi positif Corona dari hasil swab. Hal ini diungkapkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada konferensi pers di Kantor...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya