Menu

Rabu, 08 Mei 2019, 17:17 WIB

Distan Kabupaten Sukabumi, Fasilitasi Pelatihan Pelaku Usaha Pertanian dan Perkebunan

Belasan pelaku usaha pertanian dan perkebunan di Kabupaten Sukabumi mendapat pelatihan di Bandung.

SUKABUMIUPDATE.com - 12 pelaku usaha pertanian dan perkebunan di Kabupaten Sukabumi, mengikuti pelatihan wirausaha baru untuk naik kelas bidang perkebunan tingkat Jawa Barat angkatan kedua di Bandung.

BACA JUGA: Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Tetapkan 20 Ribu Hektar LP2B

Kepala Seksi Penatausahaan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Gumilar Permana, menjelasakan pelatihan terhadap 12 pelaku usaha itu telah dilaksanakan pada 27-30 April 2019 lalu. Dan kegiatan tersebut diselenggarakan oleh bidang sumber daya perkebunan dinas perkebunan Jawa barat.

"Nah 12 orang ini merupakan para alumni yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya di Distan, yang sebelumnya total peserta 60 orang," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2019).

Menurut Gumilar, mereka terdiri dari pelaku usaha kopi Jampang, Wayang, Bumi Kopi Gede Pangrango dan kopi Gunung Tanjung, selanjutnya pelaku usaha gula semut aren dari Kebonpedes dan Cireunghas, pelaku usaha teh putih dan teh hijau Tjisitoe dan teh hijau Cihaur. Serta pelaku usaha minyak cengkeh dari Cimanggu Palabuhanratu. 

BACA JUGA: Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Serahkan Bantuan 30 Unit Traktor Tangan untuk Poktan

"Wirausaha Baru tingkat provinsi Jawa Barat ini di mulai sejak 2010 dan setiap tahun kita selalu mengirimkan, hanya tahun 2016 kita sempat absen tidak mengirimkan peserta," jelasnya.

Masih kata Gumilar, tujuan dari pelatihan tersebut untuk tetap menjaga semangat enterpreneur para pelaku usaha dan untuk lebih mengembangkan usahanya menjadi lebih luas, yang nantinya ke 12 orang pelaku wirausaha ini mendapatkan sertifikat.

"Kedepan mereka harus tetap berusaha dan menciptakan jejaring pasar serta pola kemitraan. Diharapkan pemasaran mereka menjadi lebih luas sehingga kesejahteraannya akan lebih meningkat," pungkasnya.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - GOJEK melalui Bengkel Belajar Mitra (BBM) kembali menggandeng JOUSKA untuk memberikan Pelatihan Pengelolaan Keuangan khusus mitra driver di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar. BBM berintegrasi dengan program...

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk memastikan Program Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT terdistribusikan dengan baik, sejumlah anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan kerja ke kantor Dinas Sosial (Dinsos)...

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi, membantu para pelaku Industri Kecil Menengah...

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan suci Ramadan ini, Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, intens melakukan pembinaan terhadap pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Dengan menyambangi satu persatu...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya